Replika Honda Monkey Terakhir Diluncurkan, Harga Rp 41 Jutaan

0
Replika Honda Monkey Terakhir Diluncurkan
Honda Monkey Bike commemorative diluncurkan di Jepang, seperti 50 tahun lalu. Foto: Honda

NaikMotor – Merayakan 50 tahun kehadirannya, replika Honda Monkey terakhir diluncurkan di Jepang, akhir Februari 2017 ini dan dibanderol setara Rp 41 jutaan. 

Sepeda motor mini itu sebenarnya sudah diproduksi sejak 1961, dengan kode Z100. Tetapi kemudian mesin diperkecil menjadi 50cc dan sepeda motornya sendiri diberi kode Z50. Produk 1967 itu sudah mulai dikenal sebagai Monkey, meskipun saat itu belum dilengkapi suspensi pada kedua rodanya. Tetapi silhouette desainnya sudah menjadi ikon hingga kini, sebagai mini trail.

Penamaan Monkey pun sebenarnya bukan resmi pabrikannya, tetapi karena postur pengendara saat mengendarai motor mini dengan setang tinggi itu yang mirip kera di sirkus yang bersepeda. Dan Honda pun memproduksinya untuk ditujukan sebagai sepeda motor sewaan bagi anak-anak di taman hiburan.

Replika Honda Monkey terakhir bermesin 4 langkah 49 cc silinder tunggal horizontal SOHC, dengan keluaran 4,5 daya kuda. Dilengkapi ransmisi 3 percepatan dengan kopling sentrifugal.

Tinggi joknya hanya 560 mm. Dan baru dilengkapi suspensi di kedua rodanya pada 1974. Serta dilengkapi ban gemuk ukuran 3,5″ x 8″.

Meski kemudian Honda mengeluarkan model berukuran lebih besar dengan two seater dan ban 10″ tetapi tidak dianggap sebagai Monkey meski bentuknya mirip. Honda dan publik mengenalnya sebagai Dax bukan Monkey.

Replika Honda Monkey terakhir tidak pernah terendus meskipun sejak September 2016 beberapa gambar paten ditengarai merupakan generasi terbaru Honda Monkey mencuat di dunia maya. Tetapi versi baru itu jauh lebih modern dengan cakram di kedua rodanya dan mesinnya lebih besar.

Berbeda dengan versi asli berkubikasi 50 cc, Monkey versi baru diprediksi bakal berkapsitas mesin 125 cc. Hal itu terlihat dari bentuk mesin lebih besar. Rumor mengatakan, mesin bakal dicomot dari milik Honda MSX125 (Honda Grom).

Namun rumor itu terbantahkan replika terakhir mini-bike Honda itu akan ditampilkan seperti rancangan asli pada 1974. Tetapi ditambahi aksen seperti model 1967-nya.

Mini-bike pertama Honda itu akan ditampilkan dalam warna merah putih dengan jok bermotif tartan. Dan ditandai dengan emblem Honda 3 dimensi pada tangkinya.

Sayangnya mini-bike commemorative itu sementara ini hanya akan dipasarkan di Jepang. Di sana harganya sekitar Rp 41,5 juta. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here