Honda CBR600 Series Akan Dihadirkan Generasi Barunya

1
262
Honda CBR600 Series akan Dihadirkan Generasi Barunya
Sketsa paten generasi baru Honda CBR600 Series. Foto: Morebikes

NaikMotor – Berbeda dengan perkiraan sebelumnya, ternyata Honda CBR600 series akan dihadirkan generasi barunya. Meskipun masih dalam bentuk sketsa paten yang bocor ke publik.

Model Honda CBR600 series terakhir CBR600RR memang termasuk model paling lama dari pabrikan berlogo sayap itu, sebab diproduksi sejak 2003. Dan produksinya akan dihentikan dengan model terakhir tahun 2016, karena menurut MCN di Eropa dan terutama Inggris penjualan telah menurun drastis. Selain itu, desainnya tidak memungkinkan untuk menempatkan mesin yang memenuhi standar emisi Euro4 yang berlaku per 1 Januari 2017.

Bahkan, mesin 600 cc dari CBR600RR sudah tidak akan digunakan sebagai mesin Moto2. Mulai 2019 mendatang mesin itu akan digantikan oleh mesin 765 cc milik Triumph Street Triple yang baru sesuai dengan perjanjian antara Triumph dan Dorna serta FIM.

Honda CBR600 Series akan Dihadirkan Generasi Barunya
Fokus sketsa paten pada aliran udara intake. Foto: Morebikes

Tetapi dokumen paten CBR600 baru itu seakan mematahkan informasi yang telah berkembang. Sketsa paten yang beredar pun bukan merujuk pada Honda bermesin V4 yang beberapa waktu lalu terekspos.

Dokumen itu merujuk pada satu desain model baru, CB600 series. Hal tersebut diperkuat pernyataan Public Relations Director Honda France, Bruno Chemin, Oktober 2016 lalu, “Jika anda bertanya soal akhir CBR600 yang telah beredar sejak 30 tahun lalu, saya akan mengatakan hal sederhana, kami tidak akan bergantung pada sebuah kategori. Pengembangannya memang dihentikan dan tak ada rencana baru ke depannya. Tetapi tak akan ada yang melarang jika suatu ketika kami menghadirkannya kembali, jika pasar telah berubah tentunya.”

Jika memperhatikan sketsa lebih lanjut akan tampak kalau desain baru CBR600 itu berfokus pada rute air intake di bagian hidung atau cowl atas depan, dengan saluran serta braket yang menopangnya. Desain akan memungkinkan aliran udara mengarah ke intake.

Rute aliran udara intake itu memang menjadi bagian dari sketsa utuh sebuah sepeda motor sport. Sementara mesinnya digambarkan berkonstruksi in-line. Dan jok bermodel pillion. Serta knalpot yang diletakkan di bawah jok, setelah pipa salurannya dilewatkan di bawah mesin, dan silencernya yang diletakkan di atas. Desain yang mirip dengan desain pada CBR600RR yang ada. (Afid/nm)

Honda CBR600 Series akan Dihadirkan Generasi Barunya
Sketsa paten Honda V4 yang terlebih dahulu bocor, tampak berbeda dengan sketsa CBR600 . Foto: Morebikes

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*