Skuter Petualang Titisan Africa Twin Meluncur Seharga Rp 160 Jutaan

0
Skuter Petualang Titisan Africa Twin
Honda X-ADV diluncurkan di Italia. Foto: Bloggo

NaikMotor – Skuter matik bongsor berkonsep dual purpose, Honda X-ADV diluncurkan di Sardinia, Italia, Rabu (22/2/2017). Skuter petualang titisan Africa Twin tersebut dibanderol sekitar 160 juta rupiah di Eropa.

X-ADV merupakan terobosan baru dari Honda, menggabungkan konsep skuter matik perkotaan dengan nyawa motor dual purpose. Mesin 745cc parallel twin diandalkan untuk memuntahkan torsi maksimal 68 Nm pada 4.750 rpm dan klimaks tenaganya mencapai 55 daya kuda saat menginjak 6.250 rpm.

X-ADV menggunakan mesin silinder ganda berkapasitas 745cc, konsumsi bahan bakarnya hanya 27,9 km/liter. Di atas kertas tenaganya 54 hp pada 6.250 rpm dan tori 68 Nm pada 4.750 rpm.

Bobot mencapai 238 kg dengan jarak sumburoda 1.590 mm. Jok disiapkan tingginya 820 mm dengan lebar batang kemudi 910 mm. Tangki bahan bakar sebanyak 13,1 liter memungkinkan X-ADV melaju hingga 300 km.

Honda Dual Clutch Transmision menyediakan dua pilihan mode transmisi, yakni mode ‘D’ untuk berkendara normal dan mode ‘S’ bisa digunakan saat ingin mencari kecepatan atau masuk ke trek menantang dengan entakan lebih responsif. Sedangkan mode transmisi manual juga bisa dipilih lewat tombol yang tersemat di setang, fitur yang juga ditancapkan di Honda CRF1000L Africa Twin.

Perpaduan roda 17 inch dan 15 inch depan dan belakang dibungkus ban kasar menjadi identitas X-ADV sebagai motor dua alam, aspal dan tanah. Skuter petualang titisan Africa Twin ini mengaplikasi suspensi upside-down dengan diameter tabung 41 mm untuk menjadi garda penyerap guncangan, serta menunjang stabilitas motor dalam bermanuver. Ground clearance 162 mm membuat X-ADV cukup aman untuk melibas jalanan bebatuan terjal, tanpa khawatir motor tersangkut.

Salah satu kelebihan skuter rally tersebut, yakni jarak tempat duduk dari tanah yang terbilang rendah, yakni 820 mm, tentu jauh lebih rendah dari Arica Twin yang tinggi joknya mencapai 870 mm. Dengan begitu, motoris berpostur 170 cm pun bisa leluasa mengendalikan motor seberat 238 kilogram tersebut. Sementara konsumsi bahan bakarnya hanya 27,9 km/liter.

Bagian depan Honda X-ADV dilengkapi visor yang bisa disetel posisinya dalam radius 136 mm. Untuk memudahkan penyimpanan barang pengendara, terdapat bagasi penyimpanan bekapasitas 21 liter di bawah jok.

Honda X-ADV yang diperkenalkan konsepnya pada EICMA MIlan 2015 lalu, dilengkapi speedometer yang menyediakan informasi tentang kecepatan, indikator jumlah bahan bakar, tanggal, jam, dan jarak tempuh motor. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here