Masalah yang Sama, Yamaha R3 Juga Kena Recall

0
59
Yamaha R3 Juga Kena Recall
Yamaha R3 ikut direcall di USA karena 2 komponennya bermasalah. Foto: Yamaha

NaikMotor – Setelah Yamaha Indonesia mengumumkan perbaikan terhadap Yamaha R25 dan MT25 melalui situs resminya, Yamaha R3 juga kena recall karena diketahui memiliki masalah serupa.

Yamaha R3 memiliki platform yang sama dengan R25 hanya kapasitas mesinnya sedikit lebih besar, 300cc. Keduanya diproduksi di Indonesia, tetapi R3 dipasarkan untuk pasar Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.

Bersamaan dengan recall R25 dan MT25, pemilik Yamaha YZF-R3 di Amerika Serikat pun diharapkan menghubungi diler terdekat untuk pergantian komponen yang bermasalah oleh Yamaha Motor Corporation USA. Uniknya pengumuman recall itu mendahului informasi awal yang biasanya dilakukan oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA).

Seperti halnya R25 dan MT25, Yamaha R3 juga kena recall akibat masalah pada dua komponen berbeda yang bisa berakibat pada keselamatan berkendara. Komponen pertama yang harus diganti adalah fuel tank fitting bracket atau braket dudukan tangki karena kurang kuat dan bisa menyebabkan tangki bocor serta rembesan bahan bakar. Kerusakan ini timbul akibat getaran mesin.

Bagian lainnya yang menjadi sumber masalah adalah main power switch, karena akan menimbulkan karat akibat rembesan air. Kondisi itu bisa menyebabkan mesin motor sulit dinyalakan atau mati tiba-tiba.

Produk yang diimbau untuk pergantian komponen itu meliputi Yamaha R3 diproduksi tahun 2015-2016 yang dipasarkan Yamaha USA. Pergantian komponen dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis. (Afid/nm)

Setelah R25 dan MT25 dihimbau untuk perbaikan, Yamaha R3 pun turut direcall karena 2 komponennya bermasalah. Yamaha R3 memiliki platform yang sama dengan R25

LEAVE A REPLY

*