Modifikasi Royal Enfield Bullet 500 Japanese Chopper Captain Pilot Adi

0
1492
Modifikasi Royal Enfield Bullet 500 Japanese Chopper
Royal Enfield Bullet 500 bergaya Japanese Chopper karya Captain Adi dari 3 Garage. Foto: Arif

NaikMotor – Terlahir sebagai motor retro di era modern, Royal Enfield telah menjadi pilihan para penggemar motor klasik di Indonesia. Namun bagaimana bila ada yang kurang puas dengan bentuk standar? Modifikasi Royal Enfield Bullet 500 Japanese Chopper Captain Pilot Adi adalah di antara jawabannya.

Sudah beberapa bulan ke belakang, pria yang biasa menerbangkan pesawat cargo ini hobi berlama-lama hingga larut malam di garasi rumahnya, di kawasan Pesanggrahan Bintaro. Ternyata, pengoleksi beberapa Vespa lawas hingga New PX150 70th Anniversary ini tengah doyan mengotak-atik motor koleksinya, modifikasi Royal Enfield Bullet 500 Japanese Chopper. Oiya, ia menyebut garasinya dengan sebutan 3 Garage karena menjadi tempat ketiga  untuk menaruh koleksi kendaraannya.

modifikasi_roya_enfield_bullet_500_captain_adi_43

Adi bahkan melengkapi garasi ketiganya tersebut dengan perkakas bengkel, mulai bike lift hingga special tools lainnya. “Iya, ini garasi ketiga saya dan dibuat nyaman biar bisa bekerja nyaman, begitu juga kalau ada teman main, bisa santai. Saya bisa sampai pagi di sini, mengotak-atik motor. Itu kepuasan tersendiri bagi saya,” sebut Life Member Bikers Brotherhood MC Jakarta Chapter.

Kembali ke soal modifikasi Royal Enfield Bullet 500, Captain Adi menginginkan desain yang tidak mengorbankan kenyamanan mengendarainya karena kerap menjadi teman touring. “Dari beberapa referensi, ternyata gaya custom Royal Enfield di Jepang menurut saya paling ideal. Nilai seninya ada dan tetap stylish enak dilihat,” sebutnya.

modifikasi_roya_enfield_bullet_500_captain_adi_33

Dan ternyata, Captain Adi diam-diam juga sudah punya tukang untuk membantu merealisasikan desain gaya Japanese Chopper dalam pembuatan bodi.” Tukang saya spesialis dalam membuat bodi dari pelat untuk membuat fender atau bodypart lainnya dan kerjaannya rapi, silakan dicek  mang,” ungkapnya.

Adi masih mempertahankan tangki standar RE hanya mengganti setang mini ape hanger produk Bitwell Inc. termasuk handgrip dipadukan dengan tuas produk Royal Enfield yang sudah digrafir. Tampilannya lebih minimalis karena tanpa ada panel switch seperti biasanya yang menempel di setang.

Yang membuat pangling lagi di bagian front end. Adi mengenakan cover fork dengan milik Royal klasik dari bagian atas hingga bawah berpadu aksen chrome. Triple tree-nya juga mengadopsi dari Royal Enfiled klasik trail dipadu lampu untuk motor chopper H-D buatan Australia dengan ring emas.” Sengaja saya tak memasang fender depan karena menyesuaikan dengan desain gaya classic chopper,” sebutnya.

royal_enfield_bullet_500_adicaptain_03_resize-2

Pekerjaan rumahnya adalah memindahkan switch starter ke bodi samping dan Adi menempatkan speedo klasik produk Smith yang ditutup dengan bracket setang bergrafir dari Royal Enfield.

Di bagian belakang, Adi mengganti shockabsorber standar dengan produk Progressive Black 11″ yang lebih rendah 2 inci. Sementara fendernya dibuat baru mengikuti gaya chopper.” Saya juga ada tukang cat, ia pintar membuat warna fender belakang ini sesuai warna standar RE di tangki. Silakan kalau ada yang mau ngecat, bisa hubungi saya,” kekehnya berpromosi.

royal_enfield_bullet_500_adicaptain_06_resize-2

Soal performa mesin, Adi hanya memasang filter udara dan breather kit produk K&N serta knalpot dengan menginstall muffler slip-on Bitwell dipadukan dengan knalpot RE Scrambler OEM 500cc. “Joknya saya order ke Buretos Bandung model solo seat agar serasi dengan gaya chopper ini,” pungkasnya.

Dan menurut pengakuan Captain Adi, hasil otak-atik sendiri lebih enak dinikmati karena bisa mengetahui kekurangan apa saja saat dicoba digeber.” Eh, malah saya dapat order bikin custom lagi RE Bullet. Tunggu saja nanti penampilannya akan lain dan tetap nyaman dikendarai,” sebutnya. (Arif/nm)

Royal Enfield Bullet 500 Custom
Built by 3 Garage Pesanggrahan IG @captadi_3garage

Frame : Royal Enfield 2016 cut in a some part
Gas tank : Oem Royal Enfield
Engine : Royal Enfield 500 cc Carburetor
Filter Carburetor K&N
Breather kit engine K&N
Front muffler Royal Enfiled Scrambler Oem 500 cc
Slip on muffler Biltwell and bracket slip on Biltwell inc
Shield muffler Biltwell
Cover taped Royal Enfield with lion brass
Cover swing arm Royal Enfield guns brass
Rear fender custom made color same like original
Saddle seat chopper style made by Buretos
Triple three Royal Enfield old trail
Bracket handle bar Royal Enfield engraved brass
Handle bar Biltwell
Throttle twist Royal Enfiel old model brass
Handle grip Biltwell inc
Brake and clutch lever Royal Enfield brass engraved
Speedometer Smith England with gold list
Cover shock upper old model Royal Enfield
Cover shock lower OEM Royal Enfield just croom
Headlamp chopper for H-D made in Australia with gold ring cover
Rearlamp Biltwell inc
Front Tyre Avon Speed Master MK II 350×19
Rear Tyre Avon Safety Milage MK II 400×18
Rear Suspension Progressive Black 11”

 

LEAVE A REPLY

*