AHM Meluncurkan Honda CRF1000L Africa Twin

1
118
AHM Meluncurkan Honda CRF1000L Africa Twin
Marc Marquez meluncurkan Honda Africa Twin di Kemayoran. Foto:Arif

NaikMotor – AHM meluncurkan Honda CRF1000L Africa Twin, selain CRF250Rally yang juga sepeda motor adventure tourer, keduanya memiliki DNA Rally Dakar.

Seperti CRF250Rally, Africa Twin diperkenalkan oleh dua pembalap Repsol Hinda MotoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Sebagai model CRF terbaru yang telah terbukti ketangguhannya untuk medan off-road dan performa adventure turing, model ini nyaman dikendarai saat di jalan tanah, turing jarak jauh, berkendara di jalan berliku dan lincah dikendarai di jalan perkotaan.

Africa Twin sebagai model motor adventure yang melegenda, dihidupkan kembali dengan diluncurkannya CRF1000L Africa Twin pada 2016. Mewarisi semangat “go anywhere” dari pendahulunya, All New CRF1000L Africa Twin menjadi model yang telah berinovasi melalui penyematan mesin bertenaga parallel twin-cylinder yang ringan, sasis lincah untuk menghadirkan petualangan sesungguhnya di on dan off road, saat menyeberangi benua maupun berkendara di perkotaan.

honda-crf1000l-africa-twin_05

AHM menghadirkan 2 varian yakni ABS dan DCT. Keduanya dilengkapi dengan switchable rear ABS dan pilihan mode Honda Selectable Torque Control (HSTC). Khusus untuk tipe DCT dilengkapi fitur unik Honda Dual Clutch Transmission (fitur baru untuk fungsi off road).

Memang secara kapabilitas Africa Twin bukan sepeda motor dengan kemampuan penjelajahan tertinggi, toh, Honda sudah memiliki VFR1200X Crosstourer. Tetapi kehadirannya paling tidak memuaskan antusiasme off-roader, sekaligus menjembatani kebutuhan turing jarak jauh on road dan tetap tangguh jika melalui jalur off-road, atau situasi jalan berkondisi di antaranya.

honda-crf1000l-africa-twin_02

Sasis cradlenya untuk memegang mesin dua silinder 998cc, 4 katup Unicam per silinder dan crankshaft 270 derajat. Karena posisi crankshaft demikian, maka Honda menempatkan dua balancer untuk meredam getaran.

Umumnya pada mesin twin biasanya crankshaft diposisikan 180 derajat antar pengapian masing-masing silinder, tujuannya untuk saling meredam getaran kerika piston bekerja. Pengapian dengan 270derajat terhadap masing-masing silinder dipastikan agar torsi dan tenaga yang dihasilkan menjadi panjang rentangnya. Sehingga motor peformanya seperti tak habis-habis.

honda-crf1000l-africa-twin_01

Mesin Africa Twin menghasilkan 94 daya kuda @7.500rpm dan torsi 98 Nm @ 6.000rpm dengan transmisi 6 percepatan. Transmisinya pun dilengkapi dengan fitur slipper clutch. Dengan performa demikian Honda mengklaim jarak tempuh dengan tangki penuh, 18,8 L, Africa Twin mampu menempuh jarak 400km.

Untuk menunjang kemampuan offroadnya ban depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci bertipe tube tire, tujuannya agar ban tak kempes jika bibir pelek menghantam material di jalan rusak.

honda-crf1000l-africa-twin_04

Demikian dengan ground clearance 250 mm dan penempatan knalpot yang tinggi pastinya agar tak mudah terbentur obstacle saat melaju di jalan yang rusak. Demikian pula denganpenempatan pompa air pendinginan mesin di daerah kopling.

Ada teknologi terkini yang tak bisa diabaikan pada Africa Twin yakni Dual Clutch Transmission (DCT). Selain menyediakan mode D sehingga perpindahan gir secara otomatis, terdapat pula mode pengendaraan S(port) agar perpindahan gir cepat lagi.

Bahkan mode S terdiri dari 3 pilihan yang akan membuat pengendara semakin banyak mudah dan nyaman saat berkendara.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengungkapkan untuk menikmati keindahan alam Indonesia, CRF1000L Africa Twin dan CRF250RALLY menjadi pilihan terbaik dan jaringan penjualan kami telah tersebar luas di seluruh Indonesia dan siap menghadirkan layanan premium.

honda-crf1000l-africa-twin_03

“Dari Aceh hingga Papua, Indonesia memiliki keindahan alam yang menantang untuk ditaklukkan. Untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan menarik, dibutuhkan partner berkendara yang bertenaga namun nyaman untuk menaklukkan segala medan. Kami optimis CRF1000L Africa Twin dan CRF250RALLY menjadi pilihan tepat. Dan 10 Honda Big Wing yang menghadirkan model big bike akan menjadi partner terbaik di setiap perjalanan dan untuk model CRF250RALLY akan didampingi oleh 145 Wing Dealer.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengungkapkan CRF dengan DNA Rally Dakar menghadirkan model yang tepat untuk melintasi perjalanan di berbagai medan.

“CRF series sebagai motor untuk kompetisi off-road telah menunjukkan performa terbaik dan menjadi juara MXGP 2016. Dan di Rally Dakar sebelumnya, Africa Twin telah menghadirkan pencapaian legendarisnya dan membuktikan potensi besar dari CRF450 RALLY. Africa Twin dan CRF250RALLY mewarisi kedua DNA tersebut dan memberikan pengalaman berkendara dengan performa terbaik, nyaman, ringan dan lincah saat berpetualang.”

Di Indonesia model ini hadir pada April 2017 dengan 2 pilihan warna yakni Victory Red dan Tricolor untuk tipe Manual ABS dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 464.000.000,- dan tipe DCT ABS dipasarkan dengan harga Rp 499.000.000,-.(Arif/Afid/nm)

honda-crf1000l-africa-twin_07

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*