Hasil Tes Sepang, Iannone dan Rins Puas dengan Suzuki GSX-RR 2017

2
69
Suzuki Beri Isyarat Gunakan Fairing dengan Winglet
Suzuki isyaratkan fairing terbaru akan digunakan pada tes MotoGP Australia. Foto: Suzuki

NaikMotor – Tim Suzuki Ecstar mendapatkan hasil cukup baik pada tiga hari Tes MotoGP Sepang 2017 (30 Januari – 1 Februari 2017). Andrea Iannone menjadi pembalap tercepat nomor dua, sedangkan Alex Rins berhasil meningkatkan performanya dengan motor Suzuki GSX-RR 2017.

Iannone mendapatkan waktu terbaiknya di hari kedua tes, yakni 1 menit 59,452 detik, hanya selisih 0,084 detik dari waktu lap terbaik di tes MotoGP Sepang 2017 milik Maverick Vinales. Di hari terakhir, sedikit insiden menyebabkan waktu pembalap berjuluk ‘The Maniac’ merosot.

Sementara itu, Rins menunjukkan peningkatan kecepatan, hingga di akhir sesi tes ia mendapatkan waktu lap terbaik ke-12, yakni 2 menit 0,057 detik. Runner-up Moto2 2016 itu mengaku masih butuh waktu memahami lebih dalam karakter motornya.

Di Sepang, Suzuki mencoba komponen baru, termasuk mesin dan sasis. Hasilnya cukup baik, sehingga kedua pembalap merasa lebih percaya diri dengan Suzuki GSX-RR spek 2017.

“Mengenai Alex (Rins), merupakan kejutan besar melihat perkembangannya, dan sejujurnya, kami tidak mengharapkan waktu lap (yang bagus), karena ini merupakan tes MotoGP pertama buatnya setelah kecelakaan di (tes) Valencia. Dia melakukannya dengan baik. kedua pembalap memberikan arah pengembangan motor yang sama kepada kami dan sangat penting untuk kami untuk meningkatkan (performa motor). Kami tidak punya banyak waktu untuk melakukan persiapan sebelum (tes) di Philip Island, tapi kami akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan perkembangan di sana. Tujuan kami selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan basis mesin 2017,” papar Technical Manager Suzuki Ecstar, Ken Kawauchi.

Iannone tidak memiliki keluhan soal mesin terbaru GSX-RR. Ia hanya mengharapkan pengembangan di beberapa bagian motor.

“Secara keseluruhan, saya puas dengan tiga hari tes. Kami bekerja sangat baik dan feeling di atas GSX-RR sangat positif. Tentu banyak area yang bisa ditingkatkan. Sekarang tim mekanik memiliki banyak data untuk digarap, dan tentunya kami bisa membuat perkembangan lebih jauh,” ungkap Iannone.

Di sisi lain, Rins terus berupaya melakukan adaptasi sebaik mungkin dengan motor, dan menyesuaikan riding style. Kondisi punggungnya pasca cedera berangsur membaik, dan ia tidak merasa sakit pada tiga hari tes di Sirkuit Sepang, Malaysia.

“Feeling (di atas motor) sangat positif. Saya merasa sangat percaya diri dengan motor, dan juga punggung saya tidak bermasalah. Dalam tiga hari ini kami berusaha keras menemukan feeling di atas motor, menyesuaikan dengan riding style yang paling sesuai,” ujar Rins. (Yudistira/nm)

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*