Bos Ducati Isyaratkan Pengembangan Mesin V4 Ducati Superbike

1
140

NaikMotor – Claudio Domenicali, bos Ducati isyaratkan pengembangan mesin V4 Ducati Superbike saat perkenalan Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso sebagai tim Ducati MotoGP 2017, (20/1/2017).

Dalam wawancara dengan sebuah media, Domenicali sendiri mengakui bahwa Ducati Superbike generasi baru akan menggunakan konfigurasi mesin V4 bukan lagi V2 seprti sekarang. Tentunya, mesin baru itu akan mengambil banyak teknologi dari MotoGP, yakni mesin Desmosedici GP17.

Hanya saja pimpinan tertinggi Ducati yang juga perancang itu menegaskan, “Perkembangan mesin yang kami lakukan di MotoGP telah meluas,” kata Domenicali. “Kami memiliki mesin yang sangat andal, ringan, kompak dan dengan banyak teknologi yang menarik. Kami serius memikirkannya untuk memperkenalkan kepada pelanggan karena merupakan itu karya rekayasa. “

Sementara manajer Ducati Corse, Gigi Dall’Igna saat memaparkan perihal mesin Desmosedici GP17 saat launching, secara eksplisit menekankan kalau mesin itu tidak lagi hanya untuk MotoGP, “Mesin 2017 telah memiliki kinerja yang lebih baik, berkat pendekatan yang berbeda untuk masa depan. Dengan V4 90 derajat, ternyata bisa menjadi interpretasi yang lain untuk proyek berbeda. “

Ducati tentunya tidak akan serta merta menerapkan mesin V4 itu pada produk pasar saja, seperti Panigale R. Tetapi juga akan tetap menerapkannya pada model khusus superbike sehingga tetap berlaku sebagai model balap. Boleh jadi Ducati akan mengikuti jalan Aprilia, Kawasaki dan BMW yang menawarkan edisi terbatas. Manakala mesin yang dikembangkan untuk dunia balap diterapkan pada produk umum.

Aprilia saat ini menawarkan mesin V4 untuk produk terbatas yang berspesifikasi track day. Dengan varian untuk superbike maupun setara MotoGP. Lengkap dengan layanan mekanik paddock. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*