Motoris, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Helm

0
276
Membeli Helm
Ragam Helm Zeus di Toko Helmku. Foto: Yudistira

NaikMotor – Fungsi helm sebagai peranti keselamatan sangat penting untuk dipahami oleh pengguna sepeda motor. Guna memaksimalkan fungsi helm, motoris harus jeli saat membeli helm, terutama memilih ukurannya.

Meski perannya sangat vital, tak sedikit pengendara sepeda motor enggan menggunakan helm, apalagi saat berkendara dalam jarak dekat. Banyak juga yang menggunakan helm hanya untuk menghindari pengawasan Polisi Lalu Lintas (Polantas).

“Fungsi helm sangat penting untuk pengendara sepeda motor. Tapi, masih banyak orang yang menggunakan helm untuk menghindari tilang polisi. Itu sangat tidak benar, karena fungsi helm itu untuk melindungi kepala saat terjadi benturan,” tutur pemilik Toko Helmku, Dani Sena.

Efektivitas fungsi helm untuk melindungi kepala saat terjadi benturan turut dipengaruhi oleh ukurannya. Karena itu, motoris harus teliti saat memilih helm yang akan digunakan, jangan sampai pemakaiannya hanya sebatas pelengkap saja.

“Memang tidak satupun orang yang berharap mengalami kecelakaan, tetapi penting untuk mengantisipasi. Harus teliti dalam memilih helm, terutama soal ukuran. Kalau terlalu kecil, helm tidak nyaman saat digunakan dan bisa membuat kepala pusing. Sebaliknya, jika ukurannya terlalu besar, helm seperti tidak ada fungsinya, bisa saja terlepas saat terjatuh. Karena itu, saat membeli helm pastikan ukurannya sesuai, nyaman untuk digunakan. Kalau hanya sedikit longgar enggak masalah, tapi jangan sampai terlalu besar atau sempit,” papar Dani.

Guna membuat helm lebih tahan lama, motoris dapat melakukan perawatan sederhana, seperti membersihkan busa bagian dalam dengan detergen. Setelah penggunaan dalam periode tertentu, kaca helm harus diganti karena banyak benturan dengan debu atau kerikil, sehingga menimbulkan goresan yang bisa menghalangi pandangan saat digunakan. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*