Tips Helm, Pilihlah yang Memiliki Bahan Shell Keras

1

Tips-Pilih-Helm
Helm yang bahan shell (bahan keras pada luar helm) keras/tidak lentur sangat penting untuk perlindungan maksimal. Foto: morebikes

Jakarta (naikmotor) – Helm telah diwajibkan penggunaannya baik pengendara maupun pembonceng. Bahkan telah diamanatkan sejak diberlakukannya Undang Undang No.14 tahun 1992 hingga UU Lalu Lintas No 22 tahun 2009.

“Helm merupakan perlengkapan wajib berkendara untuk menjaga keselamatan, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar dapat menjaga keselamatan kepala Anda saat terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya,” Frans Lee, dari Cargloss Proriders distributor helm Arai di Indonesia.

Berikut tips memilih helm yang baik:

  1. Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, pengguna helm akan merasa sakit dibagian kiri, kanan dan atas kepala. Apabila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman karena helm akan bergerak pada saat tertiup angin. Selain itu helm yang longgar akan berbahaya pada saat terjadi benturan.
  2. Pilihlah helm yang bahan shellnya keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.
  3. Pilihlah helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala, pilihlah helm fullface atau minimal openface/halfface karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala Anda saat berkendara.
  4. Pilihlah helm dengan bagian dalam/ inner yang lembut, pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat Anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.
  5. Pilihlah helm dengan lapisan pengaman dalam yang tebal, hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.
  6. Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat, tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.
  7. Pilihlah helm yang sudah memenuhi standard yang ditentukan (SNI/DOT/SNELL) Helm yang sudah memenuhi standard keamanan berarti sudah melewati proses uji, sehingga Anda akan merasa lebih aman menggunakan helm tersebut.(rls/Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*