Kalahkan Marquez dan Rossi, Vinales Pembalap Idola di MotoGP 2016

0
105
Vinales Pembalap Idola di MotoGP 2016 Versi Crash
Maverick Vinales menjadi pembalap terbaik versi Crash. Foto: Crash.net

NaikMotor – Maverick Vinales menjadi pembalap idola terbaik versi media sport otomotif, Crash. Pembalap Spanyol itu meraih nilai voting tertinggi, mengalahkan Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Sejak tahun 2008, Crash membuat penilaian untuk para pembalap MotoGP, berdasarkan voting dari pembaca. Mereka diminta untuk memberikan nilai skala satu sampai 10 buat setiap pembalap.

70 ribu pembaca melakukan voting terhadap 27 pembalap peserta kejuaraan MotoGP 2016. Hasilnya, Vinales memndapatkan ponten tertinggi, yakni rata-rata 8,8, sedangakan Marquez dan Rossi menempati peringkat dua dan tiga berkat nilai rata-rata 8,5 dan 8,4.

Pembalap berjuluk Top Gun prestasinya melejit tahun ini bersama tim Suzuki Ecstar. Setelah beradaptasi sepanjang tahun 2015, Vinales menunjukan penampilan mengesankan di MotoGP 2016.

Satu kemenangan yang diraih di Sirkuit Silverstone, Inggris—sekaligus kemenangan perdana buat Suzuki sejak tahun 2007, dan dua podium tahun ini, membuktikan darah muda pemilik nomor motor #25 itu sudah lebih matang dalam balapan.

Koleksi 202 poin membuatnya berhak menduduki peringkat empat klasemen akhir, unggul dari Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa yang punya pengalaman lebih banyak di MotoGP.

Tapi, kegemilangan Vinales tidak lagi bisa dibanggakan Suzuki Ecstar tahun depan, sebab ia lebih memilih hijrah ke Movistar Yamaha, berduet dengan Rossi. Pada penampilan perdana di atas Yamaha M-1, ia langsung nyetel, hingga berhasil menjadi pembalap tercepat di tes MotoGP Valencia 2016 bulan November lalu.

Pada rating yang dibuat Crash, nama pembalap tim satelit LCR Honda, Cal Crutchlow juga mencuat di posisi empat. Dua kemenangan pada MotoGP Ceko dan Australia, serta empat podium sepanjang tahun 2016 menjadi tanda kebangkitan Crutchlow yang pernah mencicipi motor dari tiga pabrikan berbeda, yakni Yamaha, Ducati, dan Honda. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

*