Alasan Safety, Sirkuit Catalunya Dipangkas 3 Meter untuk MotoGP

0
Sirkuit Catalunya
Sirkuit Catalunya diubah untuk MotoGP 2017. Foto: motogp

NaikMotor – Sirkuit Catalunya Spanyol diubah lagi untuk menghadapi MotoGP musim 2017 mendatang. Kisah tragedi Luis Salom masih berlanjut rupanya. Sebab FIM masih menggunakan alasan kecelakaan fatal pembalap Moto2 dari Spanyol untuk perubahan layout sirkuit tersebut, agar tragedi tak terulang.

Perubahan itu dilakukan terhadap bagian trek di R10 yang menggunakan layout seperti untuk Formula 1, kemudian R13 dibuatkan chicane baru dengan jalur lebih pendek. Secara keseluruhan kini panjang trek menjadi 4.652 m, berbeda dengan layout F1 yang memliki panjang 4.655 m. Proyek perubahan trek akan dilakukan mulai Januari 2017.

Sebelumnya, pada Juni 2016 perubahan layout pernah dilakukan, masih terkait dengan tragedi Salom saat Free Practice (FP) 2, Jumat (3/6/2016). Saat itu layout di R10 dibuat lebih lambat, seperti layout yang juga digunakan F1. Agar saat memasuki R12 pun akan lebih lambat pula.

R12 adalah area tempat Salom mengalami kecelakaan. Pembalap Moto2 itu tak mampu mengendalikan sepeda motor balapnya, malah lurus hingga menabrak tembok pembatas.

Sebelumnya saat itu, Komisi Keselamatan mengadakan pertemuan dengan para pembalap MotoGP seperti Marc Marquez, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Bradley Smith, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Tito Rabat dan Cal Crutchlow. Balapan pun tetap dilanjutkan saat itu dengan seijin keluarga Salom, tim, pembalap dan Komisi Keselamatan (Afid/nm)

Layout Sirkuit Catalunya Spanyol usai tragedi Salom. Foto: crash

LEAVE A REPLY