Pernyataan Tim Medis MotoGP Soal Insiden Maut Luis Salom di Catalunya

0

Luis_Salom_Medical_MotoGP
Penanganan tim medis MotoGP atas insiden Luis Salom merupakan standar tertinggi. Foto: Thesun

Barcelona (naikmotor) – Berikut pernyataan Direktur Medis MotoGP Dr. Angel Charte mengenai kecelakaan fatal Luis Salom di latihan Jumat (FP2) Moto2 Catalunya.

Hari ini (Jumat), tim medis dari MotoGP datang ke lokasi kejadian insiden yang melibatkan Luis Salom di tikungan 12, dalam sesi latihan bebas kedua Moto2 Catalunya.

Saat datang, rider dalam keadaan mengalami gagal jantung. Karena parahnya kondisi, tim medis memulai dengan mengamankan saluran udara melalui intubasi orotracheal dan cardiopulmonary resuscitation (CPR) di sisi lintasan.

Dia kemudian diamankan dengan sebuah penyangga leher dan staf medis memasang dua jalur intravena dan dilanjutkan dengan menekan dadanya.

Dari datang di tempat kejadian,  sudah bisa ditetapkan kalau Salom mengalami asistolik atau jantungnya berhenti.  Dia kemudian diberikan obat untuk cardiopulmonary dan hemodinamik untuk membuat stabil.

CPR dilanjutkan di sisi lintasan selama 18 menit, tapi mempertimbangkan kondisi yang  mengancam Salom, diambil keputusan untuk membawanya dengan mobil ambulans.

Penanganan dilanjutkan selama 40 menit berikutnya selama di dalam ambulans, tapi saturasi oksigen memburuk. Tim medis memberikan jarum thoracostomy bilateral dengan aspirasi udara dan darah.

Selama transfer, mereka sudah memberitahu tim ICU di Hospital General de Catalunya tentang perkembangan keadaan Salom. Salom tiba di rumah sakit pada 16.10 dan langsung dipindahkan ke bangsal darurat di mana CPR dilanjutkan oleh tim medis setempat.”

Saat di rumah sakit, Salom dipindahkan ke ruang operasi untuk menjalani laparotomy dari tim bedah. Pasien dinyatakan meninggal pada jam 16.55. Prosedur evakuasi, transportasi ke Hospital General de Catalunya, dan penerimaan di rumah sakit adalah standar penanganan yang tertinggi.(Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*