GyroCycle, Sepeda Motor yang Tidak Akan Pernah Jatuh

2
403
GyroCycle, Sepeda Motor yang Tidak Akan Pernah Jatuh
GyroCycles, sepeda motor dengan keseimbangan sempurna, tidak akan pernah jatuh. Foto: atlas

NaikMotor – Kesulitan utama saat berkendara dengan sepeda motor adalah ketika bergerak perlahan atau berhenti, saat itu pengendara harus menjaga keseimbangan. GyroCycle produk Thrustcycle Enterprises kelak akan mengubah kondisi itu. Sebab GyroCycle akan menjadi sepeda motor yang tidak akan pernah jatuh. Meski GyroCycle masih prototipe, tetapi sepeda motor self-balancing itu dijanjikan akan dipasarkan 2017.

Seperti sepeda motor self-balancing lain, GyroCycle tetap tegak berkat flywheel internal yang menciptakan efek gyroscopic ketika berputar. Gaya yang bekerja saat flywheel berputar akan membuat sepeda motor tegak pada kedua roda saat bergerak perlahan, tetapi akan tetap demikian saat berhenti.

gyrocycles2
Teknologi balancing yang diterapkan pada sepeda motor bisa ditransfer ke sepeda motor yang lebih besar.

Masih dengan inovasi itu, Thrustcycle sebelumnya telah membuat dua prototipe sepeda motor dengan model tertutup, yang tidak mengharuskan pengendara untuk menjejakkan kaki mereka turun ketika berhenti (tidak seperti Lit Motors C1). Perusahaan masih berupaya menyempurnakan desain itu, sepertinya GyroCycle sebagai cara yang lebih cepat untuk diperkenalkan ke pasar. Teknologi balancing yang diterapkan pada sepeda motor itu dilaporkan bisa ditransfer ke sepeda motor yang lebih besar.

Co-founder Thrustcycle Clyde Igarashi mengatakan bahwa versi final dari GyroCycle akan menggunakan sepeda motor listrik dari Zev mitra produksi mereka. Sepeda motor listrik yang dilengkapi baterai lithium 8.500 watt ini mampu menjelajah sejauh 129 km dan dapat mencapai kecepatan puncak 121 km/jam.

“Kami bekerja dengan custom builder untuk produksi pertama terbatas, dan segera memasuki pasar pada 2017,” kata Igarashi. “Harga belum ditentukan, tapi kami berupaya agar berada di bawah Rp 260 juta. Sementara harga untuk produksi penuh haruslah lebih rendah secara signifikan,” pungkasnya.(Afid/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*