Dagger, Roadster yang Dicetak dengan Printer 3D

0
dagger
Divergent 3D menampilkan Dagger,roadster bermesin H2 yang struktur bodinya dicetak dengan teknologi printer 3D. Foto: Divergent

NaikMotor – Sebuah platform roadster berhasil dicetak melalui printer 3D oleh Divergent 3D. Model yang ditampilkan di Los Angeles Auto Show 2016 yang tengah berlangsung hingga 27 November 2016 itu dinamakan Dagger.

Divergent 3D sebuah perusahaan penyedia printer 3D, sebelumnya dikenal telah berhasil membuat struktur sebuah supercar. Tetapi kali ini untuk pertama kalinya menawarkan struktur non mekanikal hasil printer 3D pada model sepeda motor.

Berat sasis trellis Dagger hasil cetakan 3D itu diklaim hanya setengah dari sasis sepeda motor tradisional. Sebab struktur itu dicetak menggunakan bahan serat karbon. Sehingga diklaim sasis akan lebih efisien dan kuat.

dagger_

Sementara komponen metal Dagger lainnya masih mencomot dari komponen hasil manufaktur biasa seperti pelek, cakram rem, kaliper, garpu depan, shockabsorber belakang dan pernya. Demikian dengan mesinnya memanfaatkan milik Kawasaki Ninja H2 4 silinder lengkap dengan superchargernya.

Di balik itu sebenarnya Divergent 3D ingin menunjukkan kalau teknologi printer 3D akan membuat produksi sepeda motor akan lebih murah di masa depan daripada produksi tradisional. Sehingga bisa dilakukan oleh perusahaan otomotif kecil atau eksotis. Selain itu Divergent 3D telah mendekati grup otomotif Perancis, PSA, untuk menerapkan teknologi printing 3D-nya, sehingga bisa membuat berbagai model secara luas. (Afid/nm)

dagger_1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here