Rossi Banggakan Penampilan Vinales, Juga Kritik Mesin Yamaha M1

1
66
Rossi Banggakan Penampilan Vinales, Juga Kritik Mesin Yamaha M1
Penampilan Valentino Rossi pada tes MotoGP Valencia 2016. Foto: Crash Media

NaikMotor – Di saat Maverick Vinales menjadi bintang pada tes MotoGP Valencia 2016 (15-16/11/2016), pembalap senior Movistar Yamaha, Valentino Rossi masih menemukan beberapa kekurangan pada Yamaha YZR-M1 versi 2017.

Selama dua hari tes di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia , Rossi fokus mencari setelan terbaik untuk motor yang akan digunakan musim depan. Sedangkan Vinales diberi jatah M1 2016.

Di hari pertama, The Doctor mampu menjadi pembalap tercepat kedua, di belakang Vinales, mencetak waktu lap terbaik 1 menit 30,950 detik. Hasil tersebut belum membuatnya puas, karena menurutnya masih terdapat kekurangan di beberapa sektor motor, terutama mesin.

“Hari ini (Rabu) kami melakukan banyak putaran dan rasanya cukup bagus. Kami membandingkan banyak hal pada motor baru dengan motor lama, mesin dan sasis baru dicoba bersamaan. Kami memilik banyak hal yang harus dikerjakan, khususnya untuk mesin, tapi juga pada sasis,” ujar Rossi dikutip dari Motorsport.

Akselerasi M1 menjadi salah satu fokus utama pembalap berusia 37 tahun itu, supaya bisa lebih cepat saat melibas tikungan.

“Feeling pertama yang saya rasakan (pada motor) sudah bagus, tapi kami butuh sesuatu yang berbeda pada setting. Kami butuh lebih banyak waktu untuk mencari (setelan) yang seimbang. Kami harus berkonsentrasi pada mesin, mencoba untuk lebih bagus saat keluar tikungan,” ungkap penggenggam 114 kemenangan di semua kelas ajang balap motor dunia itu.

Di hari pertama tes, Rossi merasa mesin generasi terbaru itu tidak sesuai dengan ekspektasinya.

“Mesin ini merupakan mesin yang benar-benar baru, tapi sejujurnya saya mengharapkan (mesin) yang lebih baik, ini masih di luar ekspektasi saya. Banyak hal yang harus kami kerjakan,” cetusnya.

Pria kelahiran Tavullia, Italia itu juga mengapresiasi penampilan junior sekaligus rekan setimnya, Maverick Vinales yang menjadi pembalap tercepat pada dua hari tes di Valencia. Menurutnya, waktu lap 1 menit 29,975 detik yang dibuat Vinales merupakan sesuatu yang mengagumkan untuk seorang pembalap debutan di tim.

“Dia (Vinales) tampil impresif sejak hari pertama, terlebih pada hari kedua. Saya pikir itu adalah penampilan debut yang bagus buat dia,” puji pemiik sekolah balap VR46 Academy itu. (Yudistira/nm)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*