KTM MotoGP RC16 akan Menjadi Kuda Hitam di Musim Depan

1
107
KTM MotoGP RC16
KTM RC16 diprediksi akan menjadi kuda hitam di MotoGP 2017. Foto: KTM

NaikMotor – KTM RC16 MotoGP ikut dihadirkan di Intermot 2016, Koln, Jerman. Tahun depan, motor rakitan Austria ini akan menjadi kuda hitam.

Motor balap tim yang bertagline ‘Ready to Race’ itu akan diturunkan pada MotoGP musim 2017, dengan memgandalkan mesin 250 daya kuda V4 dan rangka trellis baja tube. Keikutsertaan pabrikan Austria pada MotoGP seakan membuatnya sebagai kuda hitam balapan sepeda motor konsep dunia itu.

KTM RC16 MotoGP dirancang dan dibangun di Austria, dan di MotoGP akan berhadapan dengan Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati dan Aprilia tahun depan. Mesin yang digunakannya kelak merupakan mesin pertama buatan KTM berkapasitas 1.000cc V4, dan satu-satunya model bersasis trellis di balapan dunia itu.

Mesin menghasilkan 250 daya kuda @ 19.000 rpm, dengan pengaktifan katup secara pneumatik, dan transmisi seamless shift. Sedangkan manajemen mesin akan menggunakan ECU unity produk Magneti Marelli, dan kontrol manajemen throttle secara ride-by-wire.Gas buang mesin akan disalurkan melalui knalpot produk Akrapovic 4-2 berbahan titanium.

RC16 dilengkapi pula dengan fitur elektronik yang legal dalam MotoGP seperti kontrol traksi, quickshifter dan sebagainya.

Suspensinya produk WP Suspension yang masih satu grup dengan KTM yang memiliki sistem pengaturan semua fungsi preload, kompresi dan rebound. Sementara swingarm produk pabrikan yang sama itu berbahan aluminium berukuran kompak, sehingga jarak sumbu rodanya menjadi 1.400mm. Sistem rem diserahkan pada produk-produk Brembo .

Sosok sepeda motor balap dunia itu dibungkus bodywork serat karbon, membuat bobotnya hanya kurang sekilo dari regulasi, 157 kg. Dan tangkinya  bisa memuat 22 liter race fuel.

“Cepat atau lambat, beberapa inovasi dari MotoGP yang kini dirahasiakan, suatu saat akan diterapkan pada model produksi. Ini sebuah janji,”  tulis sebuah pernyataan resmi KTM.  (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*