Raffi Ahmad Perkenalkan KTM 1290 Super Duke GT

0
KTM 1290 Super Duke GT
KTM 1290 Super Duke GT sudah bisa dipinang di KTM Gading Serpong. Foto: Afid

NaikMotor – Dealer KTM Gading Serpong, Tangerang, Banten memperkenalkan produk sport touring terbarunya, KTM 1290 Super Duke GT, Minggu (18/9/2016). Bahkan, dealer sepeda motor Austria di Bez Auto Center, Paramount, Gading Serpong itu sekaligus menunjuk artis Raffi Ahmad sebagai brand ambassador 1290 Super Duke GT.

“Produk sport touring perlu dinaikkan citranya, ini produk yang mengutamakan keselamatan. Sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat kalau penggunanya bisa memberikan contoh berkendara yang baik tidak ugal-ugalan,” ungkap A. Judiarto, salah satu punggawa KTM-Husqvarna di Indonesia.

Kembali ke produk, selama ini kita mengenal Duke atau Super Duke sebagai street fighter atau roadster bike produk KTM dari Austria. Tetapi berbeda dengan 1290 Super Duke GT, tambahan kode di belakangnya yang menjadikannya sebagai model yang berbeda dengan produk di jajarannya. Sebab Super Duke GT, dilengkapi dengan windscreen adjustable dan kaitan untuk menggantung side bag serta lampu tambahan LED yang terintegrasi dengan fairing mininya. Lampu berfungsi sebagai cornering light seperti pada Super Adventure. Jelasnya, Super Duke GT adalah crossover sportbike, naked dan touring atau sport touring.

ktm_1290_super_duke_gt_4Motor gede (moge) ini memiliki mesin berkapasitas 1.301 cc berkonfigurasi V-twin 75 derajat berpendinginan cairan, yang menghasilkan 173 daya kuda @ 9.500 rpm, dan torsi 144 Nm @ 6.750 rpm. Mesin dilengkapi dengan slipper clutch dan Motor Slip Regulation (MSR), sistem yang memonitor lonjakan torsi mesin, terutama saat menikung, agar tak drifting. Jika terjadi gejala lonjakan torsi, sistem akan membuka throttle secepatnya untuk menyesuaikan putaran roda dengan putaran mesin. Sistem dimungkinkan karena Super Duke GT telah menganut ride by wire.

Fitur pengendaraan 1290 Super Duke GT lainnya seperti mode pengendaraan, (Sport, Street, dan Rain) yang dipadu kontrol traksi MTC. Sedangkan sistem pengeremannya dilengkapi combined ABS, yang bisa mengukur tekanan rem meski hanya salah satu tuas yang ditarik. Baik MTC maupun C-ABS dapat dinonaktifkan , kedua fitur dikendalikan oleh modul Bosch Motorcycle Stability Control (MSC). Pada prakteknya sistem akan memaksimalkan keselamatan dan performa meski saat berakselerasi di jalan licin, berbelok sambil mengerem.

ktm_1290_super_duke_gt_1Peranti terkini unik lainnya adalah cruise control yang jarang diterapkan pada sepeda motor. Demikian dengan Hill Hold Control (HHC) yang akan tetap mengunci Brembo M50 monoblock selama 5 detik ketika rem depan dilepas atau ketika grip gas diputar kembali.

Suspensi 1290 Super Duke GT produk WP suspension, pada bagian depan upside down semi active. Dilengkapi dengan tiga mode : comfort, street dan sport.  Sayangnya, A. Judiarto bungkam soal harga, dan berapa kuota unit yang akan ditawarkan di Indonesia. Tetapi sebagai gambaran, harga 1290 Super Duke Rp 475 juta, sedangkan 1290 Super Adventure R Rp 550 juta. (Afid/nm)

ktm_1290_super_duke_gt_2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here