Michelin Bawa Ban Baru Lagi di MotoGP Misano

1
66
MotoGP Misano
MotoGP Misano
Michelin membawa ban baru di ajang MotoGP Misano, akhir pekan ini (11/9/2016). Foto: Michelin

NaikMotor – Michelin membawa ban baru lagi di MotoGP Misano yang menawarkan stabilitas di trek berkarakter teknikal dengan high speed serta tikungan yang banyak ke kanan.

Pagelaran balap MotoGP bakal berlanjut ke Sirkuit Misano, San Marino pekan ini, Minggu (11/9/2016). Tak ingin kalah dalam hal melakukan revolusi, Michelin juga membawa ban berkarakter baru. Yaitu ban yang menawarkan stabilitas motor saat pengereman dan saat berada di tikungan.

Desain yang baru ini bakal terdapat pada ban depan berkompon lunak (strip putih), ban medium (tanpa strip) dan ban kompon keras (strip kuning). Memang hanya evolusi kecil yang mereka lakukan, tapi akan ada perubahan dari sisi stabilitas yang diinginkan para pembalap sejak awal musim.

Lantaran sirkuit ini mengadopsi tikungan ke kanan yang cukup banyak dan punya karakter rata-rata high speed, maka Michelin menawarkan penggunaan ban tipe asimetris. Bagian bahu sebelah kanan ban bakal lebih keras dari kompon yang ada di sebelah kiri.

Kompon ini mereka siapkan karena rencana jumlah lap yang bakal diselenggarakan di MotoGP Misano berjumlah 28 lap. Sehingga penting untuk membuat perencanaan dan pilihan yang lebih luas pada kompon ban. Jadi pembalap bisa lebih leluasa menerapkan strategi berbeda saat balapan nanti.

“Kalau bicara tentang karakter Sirkuit Misano, ini adalah trek yang sangat teknikal. Kombinasi dari tikungan ke kanan yang dominan dan cepat, sementara tikungan ke kiri cukup lambat. Sehingga kita butuh ban yang memang bekerja untuk mengakomodasi jumlah lap tersebut. Saya berharap para pembalap lebih menikmati jalannya balapan,” papar Piero Taramasso, 2 Wheel Motorsport Group di Michelin. (Spy/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*