Motor Kawasaki Ini Bisa Mengobrol dengan Pengendaranya

0
32
kawasaki

kawasaki
Kawasaki tengah mengembangkan motor yang bisa berbicara dengan pengendaranya. Foto: Kawasaki

NaikMotor – Kawasaki kini tengah mengembangkan sepeda motor yang memiliki artificial intelligence (AI) system, sehingga bisa beradaptasi dengan kebutuhan dan skill pengendara.

Sistem intelegensia buatan itu akan membuat sepeda motor bisa berkomunikasi dengan pengendara, memanfaatkan data dari cloud dan elektronik sepeda motor sendiri.

Lebih dari itu, Kawasaki mengklaim kecerdasan buatannya bisa menginterpretasi emosi pengendaranya dan mengembangkan personality sendiri. Teknologi yang disebut sebagai Emotion Engine, seperti KITT dalam film seri TV 1980-an “Knight Rider”.

Dalam sketsa yang resmi mereka, ditunjukkan, dengan AI sebuah sepeda motor mampu bercakap (対話) dengan pengendaranya sambil mengolah data dari internet (インターネット) dan informasi kendaraan (車両情報).  Sementara, bulatan hijau yang mengarah kepada pengendara dan sepeda motor diterjemahkan sebagai “intelligence – emotion.”

Sepertinya semua seperti sebuah fiksi ilmiah, Emotion Engine sebenarnya sudah digunakan dalam dunia nyata. Sebuah anak perusahaan Softbank perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga di Jepang, Cocoro SB pernah menampilkan sebuah robot yang dibuat bersama Perusahaan Perancis Aldebaran Robotics.

Robot yang dinamai Pepper menjadi robot pertama yang mampu membaca emosi manusia. Pepper saat ini tengah dijual ke perusahaan pengecer di Jepang dan Eropa, serta Amerika. Dan masih dikembangkan bersama pihak ketiga.

Kawasaki bukan satu-satunya perusahaan berkecimpung dengan AI. Bulan lalu, Honda mengumumkan rencana untuk beradaptasi Softbank Emotion Engine untuk kendaraan meskipun tidak jelas apakah itu juga termasuk sepeda motor. Sementara itu, Yamaha dengan cara berbeda telah menunjukkan robot naik motor-nya, Motobot.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*