Kawasaki R2 Supercharger Bersiap Menuju jalur Produksi

1
Kawasaki R2
Kawasaki R2
Sketsa patent dari Kawasaki R2 Supercharger. Foto: Morebike

NaikMotor – Berdasarkan sketsa dari aplikasi patent yang didaftarkan oleh Kawasaki, semakin jelas kalau pabrikan akan memperluas model yang dilengkapi supercharger . Model itu tak lain adalah sportbike menengah 800cc, yakni Kawasaki R2.

Termasuk roadster yang berbasis padanya yang selama ini diketahui sebagai konsep Kawasaki Soul atau SC-02. R2 akan melengkapi produk yang dilengkapi supercharger setelah hyperbikesport H2/H2R.

Supercharger pada R2 pun menunjukkan kalau perangkat induksi paksa itu akan mulai merambah model-model berkapasitas lebih kecil. Meskipun pada sketsa mekanisme perangkat itu tak tergambarkan secara gamblang. Padahal diperkirakan R2 akan segera melengkapi jajaran model baru Kawasaki 2017.

Kawasaki_R2_Patent_3Namun tak seperti pada H2/H2R, supercharger pada R2 akan bekerja hanya saat dibutuhkan tambahan daya. Bahkan diperkirakan supercharger itu kinerjanya bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara mengingat model akan lebih banyak berkutat di jalan raya, seperti model roadsternya.

Pengaturannya secara program pada elektronik sepeda motor (ECU). Boleh jadi, pabrikan juga menjawab kritikan atas kinerja supercharger H2/H2R yang dianggap berlebihan output-nya meski hanya dalam sedikit bukaan throttle saja. Tentu saja. Kawasaki R2 kelak tak perlu pengendara dengan skill khusus untuk mengendarainya seperti pada hyperbike pendahulunya itu.
Kawasaki tampaknya akan segera memproduksi model bersupercharger kedua itu, mengingat standar emisi Euro 4 akan segera diberlakukan. Sementara rumors lain menyebutkan model adventure kapasitas menengah Kawasaki tak lama lagi akan segera dilengkapi supercharger juga. (Afid/nm)

Kawasaki_R2_Patent_1

1 COMMENT

LEAVE A REPLY