Indonesia Trackday Series 2016 Seri 3 Diramaikan OMR Honda CBR

2
89

Indonesia Trackday Series 2016 seri 3
Indonesia Trackday Series 2016 seri 3 akan memanaskan aspal Sentul pada Minggu (24/7/2016). Foto: Dok. NMC

Jakarta(naikmotor) – Indonesia Trackday Series 2016 seri 3 akan digelar akhir pekan ini, Minggu (24/7/2016) di Sirkuit Sentul.  Lebih dari 200 starter direncanakan memanaskan persaingan termasuk kelas khusus OMR Honda CBR.

Trilogi dari ajang balap yang terbuka untuk umum tersebut masih mempertahankan kelas-kelas serupa dengan seri sebelumnya, yakni 150cc (4 tak Bebek dan Sport), 150cc 2 tak (Pemula dan Pro), 250cc (A,B,C, dan Pro), Junior Superbike, Superbike, dan One Make Tyre (OMT) Pirelli.

Selain kelas-kelas yang sudah ada, Indonesia Trackday Series 2016 seri 3 tiga akan diramaikan oleh ajang one make make race yang digagas Asosiasi Honda CBR Indonesia (AHC).

“Kelas yang dibuka masih sama, ditambah slot yang dibuka AHC untuk anggota komunitas CBR yang mau ikut balapan. Pendaftaran OMR CBR itu langsung ke AHC, ITS hanya kasih slot untuk mereka. Regulasi semua mereka (AHC) yang atur,” jelas ketua penyelenggara ITS, Yaya Nugraha saat berbincang dengan Naikmotor.com (20/7/2016).

Indonesia Trackday Series 2016 Seri 3

Sementara itu, kelas Junior Superbike yang pada seri terdahulu balapannya digabung dengan Superbike, rencananya akan dijadwalkan terpisah pada seri tiga, demi menjamin keselamatan pembalap.

“Kami merencanakan balapannya dipisah supaya lebih aman, kemarin (seri dua) saja sampai di red flag empat kali. Selain itu, catatan waktu dua kelas itu berbeda cukup jauh. Untuk yang waktu (lap) di atas 1 (menit ) 44 (detik) masuk Junior, tapi yang waktunya di bawah itu masuk Superbike,” jelas Yaya.

Indonesia Trackday Series juga menerapkan sistem poin untuk kelas profesional. Poin tersebut akan diakumulasi sampai seri kelima nanti.

“Kami menggunakan sistem perjenjangan untuk balapan. Lima pembalap yang finis terdepan dari kelas (250cc) A naik ke B, kemudian naik kelas C, sampai (kelas) profesional. Tapi, jika dua seri berturut-turut penampilan di kelas lebih tinggi tidak membaik, atau tidak bisa masuk 10 besar, boleh turun kelas. Kami juga analisis masalah pada (spesifikasi) motornya, atau kemahiran pembalap. Untuk kelas profesional (150cc 2 tak, dan 250cc) kami hitung poin tiap seri,” beber pria berpostur jangkung itu.

Bagi anda yang berminat tampil merasakan balapan di sirkuit, ITS membuka pendaftaran sampai Kamis (21/7/2016). “Pendaftaran kami buka sampai hari Kamis. Pendaftaran ulang dilakukan mulai hari Kamis sampai sabtu jam tiga sore di kantor MV Agusta Jalan Arteri Pondok Indah,” sebut Yaya. Pendaftaran terbuka untuk umum, sehingga bagi para penggila balap bisa menyalurkan hobi di tempat yang benar, dengan standar keamanan yang sudah diperhitungkan. (yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*