‘Vesrod’ Rodjalie, Modifikasi Vespa Rat Rod Ekstrem dari Cimahi

0
Modifikasi Vespa Rat Rod
Modifikasi Vespa Rat Rod
Vespa Rat Rod karya Geri Turga dari Cimahi, mengombinasikan Vespa Corsa dan mesin Honda Vario. Foto: Dok. Pribadi

Cimahi (naikmotor) – Bosan dengan matic low rider, Geri Turga dari Cimahi Bandung tampil eksentrik dengan menyandingkan bodi Vespa Corsa bermesin Honda Vario dalam bungkusan custom Rat Rod.

Sosok modifikasi Vespa Rat Rod bertampang sangar ini, Kami temui di ajang BBQ Ride Bandung 2016 April lalu di Gudang Persediaan PT KAI Jalan Sukabumi Bandung. Dari hasil penelusuran, ternyata sang builder berasal dari Cimahi yang lama bermain matic custom.

“Karena bosan bikin matic lowrider yang biasa seperti Zoomer dan lain-lain, pengin buat yang klasik tapi konsepnya low rider, jadi ambil Vespa buat modifikasinya,” buka Geri Turga dari Don’t Stop Garage Cimahi, Bandung.

Meski demikian, Geri tak mau latah mencari Vespa yang umum ditemui, namun mencari sosok yang termasuk langka yakni Corsa, salah satu model skuter Vespa dengan transmisi matic pertama.

Langkah ekstrem Geri dalam pengerjaannya dilakukan sendiri di bengkelnya, mulai dari pengelasan, bubut, custom pelek hingga air suspension.” Saya rakit dari tabung pressure, shocks dan lain-lain, paling yang beli selang-selang sama kompresor mini, brandingnya TT +,” sebut Geri.

Vespa_Hotrod_Cimahi_2

Dengan aplikasi air suspension ini, Vespa custom milik Geri bisa berjalan karena bisa disetel naik suspensinya ketika bersiap dikendarai.

Bagian apa yang paling sulit dalam pengerjaan custom ini? “Yang pasti sulit semua, soalnya Vespa beda sama matik Jepang. Konsep custom universalnya Rat Rod, kalau di Vespa jadinya Vesrod kali yah,”kekeh Geri.

Rat Rod merupakan klasifikasi salah satu aliran dari Hot Rod yang enggan tampil kinclong, dibuat dengan budget tidak terlalu besar, banyak mengadopsi part kendaraan lain selain tentunya profil bodi rendah ketimbang sasis.

Vesrod yang diberi nama Rodjalie (Rombongan Jalmi Lieur) atau bila diterjemahkan berarti rombongan orang tidak waras, makin kental dengan aroma custom melalui goresan pinstripe di bodinya. (Arif/nm)

Data Custom Vespa Rat Rod Rodjalie
Builder  Geri Turga
Bengkel Don’t Stop Garage
Frame Vespa Corsa
Pelek depan Custom 12 x 6”
Pelek belakang Custom 10 x 4”
Ban depan Swallow 2.75-10
Ban belakang Primax 130/70-12
Mesin Honda Vario
Air Suspension TT +

 

LEAVE A REPLY

*