Begini Cara Perawatan Sabuk CVT, Ganti Setelah 24Ribu KM

0
53
Cara Merawat Drive Belt
Wahana informasikan cara merawat Drive Belt sepeda motor. Apa saja tipsnya? Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Menjadi salah satu komponen penting sepeda motor yang dirancang bisa memiliki umur panjang, begini tips atau cara merawat Drive Belt yang benar menurut Wahana Honda

Drive belt atau yang kerap disebut Van Belt maupun V-Belt berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin untuk menggerakkan roda belakang melalui pulley (katrol). Selain menghadirkan berbagai jenis sepeda motor, Honda juga menyediakan berbagai komponen seperti Drive Belt.

Keunggulan yang dimiliki Drive Belt ini adalah memiliki komponen material yang lengkap, yaitu 2 lapis Canvas, 3 lapis Rubber dan Polyester Cord sehingga ban penggerak Honda memiliki daya elastisitas yang baik, serta lebih tahan lama karena umur pakainya bisa sampai 24.000 km.

Lantas, apa saja tips untuk perawatan komponen satu ini? Berikut ini tiga cara merawat Drive Belt yang dijelaskan langsung oleh Honda:

  1. Selalu periksa secara rutin ruang CVT (Continously Variable Timing) setiap 8.000 km. Juga lakukan pemeriksaan visual pada kondisi ban penggerak terhadap keretakan / getas.
  2. Bersihkan ruang CVT beserta komponen yang terdapat di dalamnya tesebut seperti Roller, Pully Driven, Pully Driver serta Drive Belt dari debu dan kotoran dengan menggunakan udara bertekanan (air compressor).
  3. Agar performa Drive Belt berjalan dengan sempurna, lakukan penggantian Drive Belt setiap 24.000 km juga komponen CVT lainya seperti Roller sesuai dengan masa pakainya.

Untuk mendapatkan perawatan langsung dari ahlinya, Motoris bisa membawa sepeda motor kesayangan ke AHASS untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut dari tangan profesional. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*