Mesin Honda V4 Dikabarkan Berfitur Cylinder Deactivation System

0
42
Cylinder Deactivation Honda V4
Paten Cylinder Deactivation System Honda V4 90°. Foto: moto.it,blogo

NaikMotor – Awal 2021 ada rumors soal mesin baru Honda berkonfigurasi V4. Tetapi menurut dokumen paten yang bocor malah tengah dikembangkan Cylinder Deactivation Honda V4 pada mesin baru itu.

Cylinder Deactivation System Honda V4 itu memang bukan hal baru. Dulu, mesin V8 mobil Chevy sudah menerapkan fitur serupa yang disebut HEMI. Di dunia roda 2 pun, Ducati sudah mengembangkan hal serupa, membuat sebagian silinder mengalami dekompresi dan injektor tidak aktif.

Demikian juga dengan Harley-Davidson yang bertujuan agar mengurangi resiko overheat pada silinder belakang sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sistem itu kini dikembangkan Honda untuk mesin V4 90°. Silinder yang dinonaktifkan ketika putaran rendah untuk silinder belakang. Dengan kata lain ketika beban mesin ringan, 2 silinder belakang tidak melakukan usaha.

Walaupun soal sistem aktivasi dan penonaktifan silinder yang juga tergantung pada daya yang dibutuhkan oleh pengendara. Jadi, tergantung pada seberapa banyak memutar grip gas, unit kontrol, bukaan katup, untuk mengaktifkan atau tidak 2 silinder belakang. Juga, memungkinkan untuk menahan emisi pada tingkat rendah.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*