Elbike Garage Tawarkan Kit Konversi Motor Listrik, Ada Buat KLX

0
639
Elbike Garage
Salah satu motor listrik buatan Elbike Garage, Elbike New ECR-3000 BIMA X Enduro. Foto: Elbike Garage

NaikMotor – Elbike Garage yang sempat mejeng di IIMS dan menarik perhatian banyak orang dengan kendaraan listriknya yang unik ini rupanya juga membuat dan memasarkan konversi kit. 

Start up kendaraan listrik jebola program Agni dari PT Elnusa Tbk ini memang dikenal sebagai pembuat custom sepeda motor listrik. Lewat kesempatan bincang-bincang antara Fahrul, CEO dan Founder Elbike Garage bersama tim NaikMotor, terungkaplah bahwa Elbike sudah memiliki 6 tipe prototipe dan memasarkan konversi kit.

Dari informasi yang disebutkan Fahrul, totalnya ada 6 tipe yang telah mereka ciptakan. Modelnya antara lain adalah Bima ECR3000, Round tank/Boardtracker, dan Monkey. Rupanya, untuk sekarang Elbike juga tengah memfokuskan produksi untuk develop kebutuhan internal seperti untuk Elnusa, di Kalimantan, Sumatera untuk off-road-nya guna menggantikan motor konvensional.

Mengenai sejarah Elbike Garage sendiri, Elbike berasal dari program inovasi Elnusa yang berhasil lolos melawan beberapa proposal lainnya. Dimulai di masa pandemi, Elbike diharuskan mampu membuat kendaraan sesuai dengan proposal dalam waktu tiga bulan, sesuai dengan yang mereka ajukan. Dalam lima bulan ada empat tipe yang berhasil mereka buat.

Elbike juga bercerita kepada tim NaikMotor bahwa untuk pembuatan kendaraan listrik, komponen yang paling mahal adalah baterai, yaitu hampir 50% karena harus import.

“Kalau motornya sih standar,” ujar Fahrul.

Masih dalam tahap pengembangan, Fahrul menyebutkan mereka akan mendengarkan feedback dan kemana arah yang ingin mereka tuju. Ia juga menyebutkan bisa jadi Elbike akan memasarkan kitnya saja ke pasaran, lalu motornya akan dikonversi.

Tidak tergesa untuk menyaingi pasar pabrikan EV lainnya, Fahrul mengatakan, “Kita mau bermain di conversion-nya. Jadi kamu masih sayang motormu, kita konversikan. Jadi mesin bensin akan ditaruh, diganti.”

Ia juga menambahkan bahwa ternyata mereka sudah memiliki kit untuk Vespa listrik yang ditujukan untuk aktivitas harian. Selain Vespa, ada juga untuk Kawasaki KLX yang total biaya konversi kitnya sekitar Rp 25 – 30 jutaan dengan kapasitas baterai tertinggi.

“Kita sudah punya kitnya. Jadi, mesin itu duduk, ada stand-nya,” terang Fahrul saat tim NaikMotor kulik mengenai konversi kit Vespa mereka.

Konversi kit “Plug and Play” mereka pun sudah berjalan dan jika tertarik bisa langsung menghubungi Elbike Garage. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*