Mencicipi Ketangguhan dan Kecanggihan Dual Purpose Listrik “BIMA” Karya Elbike Garage

0
Elbike Garage
Salah satu motor listrik buatan Elbike Garage, Elbike New ECR-3000 BIMA X Enduro. Foto: Elbike Garage

NaikMotor – Dual purpose listrik “Elbike New ECR-3000 BIMA X Enduro” menjadi salah satu karya dari Elbike Garage yang kerap mencuri perhatian. Secanggih apa sih Supermoto karya anak bangsa ini? 

Perusahaan Start Up jebolan program Agni dari PT Elnusa Tbk, Elbike Garage telah menghadirkan beragam prototipe sepeda motor listrik. Salah satu karyanya yang telah meraih atensi banyak pihak adalah Elbike New ECR-3000 BIMA X Enduro atau Bima yang bermodel dual purpose bergaya supermoto.

Elbike Bima ini tampil dengan desain tekno. Seperti bekal fiturnya yang canggih, sudah dilengkapi dengan kunci kontak yang menggunakan sidik jari alias finger print, Integrated Smart Apps, baterai lithium bersertifikat, re-generative brake, mampu menempuh jarak sejauh 90 km, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya. Pada impresi pertama saat dinaiki naikmotor.com, motor memiliki posisi duduk moderat, kedua kaki bisa menapak dengan 5 jari buat yang bertinggi badan 165cm. Jok dan suspensi belakang empuk, ketinggian jok turun ketika diduduki. Sementara suspensi depan USD sedikit kaku.

Ada 3 mode pengendaraan yang dimiliki Bima, Eco, City dan Sport. NaikMotor coba dengan mode Eco dulu, pada saat sedikit puntir gas ternyata memang torsi besar khas motor listrik terasa. Mode lainnya pastinya lebih membetot lagi, tetapi seperti kata Fachrul, penggagas Elbike Garage, baterai lebih boros.

Dengan stang lebar, pengendalian cukup mudah, hanya saja radius putar lebih kecil dibanding offroader Jepang. Saat berjalan Bima terasa enteng, boleh jadi karena peletakan motor dan baterai di tengah rangka. Fachrul menyatakan, “Itu didesain tinggi agar bisa melibas genangan atau selokan.”

Fachrul juga menyatakan ketangguhan ECR-3000 BIMA Enduro juga sudah dibuktikan lewat Endurance Test melewati medan-medan ekstrem. Sukses meraih perhatian dari banyak pihak, Elbike Garage juga telah melakukan sosialisasi kendaraan listrik bersama dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya.

Berikut ini spesifikasi lebih lanjut dari sepeda motor trail bertenaga listrik “Bima” yang diciptakan oleh tangan andal Elbike Garage: (Litha/Prob/NM) 

Electrical Part

Electric motor Mid Drive Motor 72 Volt 3000 Watt
Battery 72 Volts 40 Ah lithium ion BMS System
Controller EM-100 Controller Votol
Charger Charger With fan & Automatic 84 Volts 10 Amp
Charging Duration 3-5  hours (maximum)

Rangka dan Kaki-Kaki

Frame Elbike Custom
Front fork Upset Down
Handle bar Protaper Metal pipe
Brake Disc Brake System Front & Rear
Wheels Wheel 17″ Front & Rear
Tires 2.750 and 3.00 X 17” Inner Tube

Berat & Dimensi

PERFORMANCE
Max. Speed 100 km/hrs
Max. Distance 80-90 km
Net Weight 120 kg
Max. Load 180 kg
DIMENSIONS
Overall Size 180 X 40 X 60 cm
Seat Height 80 cm

Features

Lighting 2 points Front Led Head Lamp , led & turn light
Horn Electrical horn
Display Led battery indicator, power indicator, head lamp indicator.
Others Box controler and reverse brake

LEAVE A REPLY