Adventure Bike KTM 790 Kena Recall, Masalah Rem Depan Jadi Penyebabnya

0
Recall KTM 790 Adventure
KTM 790 Adventure 2020. Foto: KTM

NaikMotor – Pada 30 April 2021, KTM Amerika Utara mengeluarkan pengumuman penarikan kembali alias recall untuk KTM 790 Adventure model 2019 dan 2020. Permasalahan rem depan menjadi penyebab utamanya.

Menurut perusahaan, masalah pegas piston silinder pada masterm rem depan mungkin tidak cukup kuat untuk mengembalikan piston rem ke posisi semula. Hal tersebut bisa menyebabkan rem depan tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan peningkatan jarak henti, bahkan bisa berpotenti kecelakaan dan cedera.

Adapun sepeda motor yang terkena dampak recall ini merupakan KTM 790 Adventure dengan tanggal produksi 14 Februari 2019 sampai dengan 28 Februari 2020. Menurut perkiraan KTM, jumlah ada 3.707 unit, sekitar 3 persen dari populasi keseluruhan sepeda motor model ini.

Komponen rem yang mengalami masalah tersebut dipasok oleh J.Juan, sebuah produsen rem asal Spanyol. J.Juan dan KTM sendiri telah menyelidiki dan menguji komponen setelah menerima 79 laporan terpisah tentang masalah rem depan pada 2019. Pengujian berlangsung antara Februari 2020 dan Februari 2021, barulah pada April 2021 KTM menetapkan untuk kembali melakukan perbaikan dan menyatakan perlu adanya recall.

Menurut timeline yang ditetapkan dalam NHTSA safety recall 21V-304, solusi dari permasalahan ini adalah perlu adanya pegas pengganti yang lebih besar dan lebih kuat daripada pegas rusak yang awalnya dipasang pada sepeda yang terkena dampak tersebut.

Oleh sebab itu, bagi konsumen yang kendaraannya terkenda dampak recall ini, diminta untuk segera menghubungi dealer resmi KTM sesegera mungkin. Pihak dealer akan melakukan inspeksi dan memperbaiki komponen yang bermasalah tersebut, dan tidak ada pemungutan biaya alias gratis. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here