Masalah Motor MotoGP KTM RC16 Terungkap, Butuh Ban yang Lebih Soft

0
53
Motor MotoGP KTM RC16
Motor MotoGP KTM RC16. Foto: MotoGP

NaikMotor – Pada MotoGP Jerez 2021, tidak ada pembalap KTM yang berhasil finish di 10 besar. Dibalik penampilan buruk tersebut, ternyata terungkap masalah yang ada motor MotoGP KTM RC16.

Di GP Jerez terakhir, Brad Binder terjatuh dua kali dalam balapan. Masalah yang dihadapinya sama, yakni pada bagian depan motornya. Itu merupakan bagian yang menjadi pusat perhatiannya selama tes IRTA, khususnya untuk penggunaan ban soft.

“Kami sedikit mengubah set-up dan itu memberi saya lebih banyak margin dengan bagian depan. Sayang sekali saya tidak menyadarinya sebelumnya,” ujar Binder.

KTM sendiri baru menemukan permasalahan dan memperbaikinya pada tes resmi Jerez. Sayangnya, itu sudah terlambat, karena poin hanya bisa diraih saat balapan.

“Kami hanya bermain sedikit dengan operasi garpu depan dan hal-hal seperti itu dan kami dapat bekerja sedikit lebih baik dengan ban lunak,” kata Binder.

Berbekal dari empat balapan pertama, KTM nampaknya telah mempersiapkan dirinya untuk menghadapi sirkuit-sirkuit yang membutuhkan penggunaan ban yang lebih lembut. Le Mans akan menjadi trek uji coba penggunaan ban soft untuk motor MotoGP KTM RC16.

“Kami harus menangkap beberapa data sehingga ketika kami sampai ke trek di mana kami hanya memiliki opsi lunak ini lagi. Kami memiliki sesuatu di saku kami ketika kami memiliki perasaan ini benar-benar ‘di tepi’ di bagian depan,” ucap pembalap Afrika Selatan itu.

“Di Le Mans kami akan memiliki ban majemuk yang sangat lembut,” pungkas Binder. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*