Wahana: Begini Cara Rawat Standar Motor Biar Bebas Karat

0
27
standar sepeda motor
Intip tips merawat standar motor biar tidak karatan menurut Wahana Honda. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Untuk membuat standar sepeda motor bebas karat, ada langkah mudah dan sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Apa saja tipsnya? 

Jika standar motor berkarat, standar akan sulit untuk diturunkan maupun dinaikkan. Bahkan, bisa standar yang karatan juga bisa jadi mudah patah, terutama kalau ada karat di bagian pernya.

Menurut Wahana Honda, ada beberapa langkah rahasia yang bisa dilakukan sendiri untuk menjaga kondisi standar sepeda motor agar selalu terbebas dari karat. Apa saja langkah-langkah yang bisa diterapkan demi menjaga keapikan standar motor? Ini tipsnya dari Wahana:

  • Rutin mencuci sepeda motor, termasuk bagian standarnya. Terutama jika baru berkendara melewati jalanan berkubang atau kehujanan di jalan. Hujan bisa membuat kotoran makin mudah menempel dan semakin lama mengendap, kotorannya bisa makin menempel dan tambah susah dibersihkan.
  • Gunakan cairan anti karat dengan cara menyemprotkannya pada bagian per agar tidak mudah korosi. Jangan lupa juga untuk lumasi bagian as agar standar tidak seret saat dipakai.
  • Perhatikan kondisi per standar tengah motor. Jika standar tengah terayun saat melewati jalan tidak rata, itu berarti per sudah melemah dan per standarnya harus diganti.
  • Perhatikan as standar tengah yang rawan berkarat akibat debu atau percikan air kotor di jalan. Jika terus kotor, as standar bisa terkunci karena susah diputar. Jika as standar tengah bengkok atau berkerak sehingga jadi susah dicopot, disarankan untuk membawa motornya ke bengkel bubut.

Untuk mengantisipasinya, bersihkan as standar tengah dengan air bersih bertekanan dan bei pelumas jika motor habis kehujanan. Di luar kondisi ini, as standar tengah tetap perlu dilumasi setiap tiga atau enam bulan sekali. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*