Jalani Test Ride Kedua, Performa Motor Listrik BL-SEV01 Meningkat

0
21
BL-SEV01
Motor listrik BL-SEV01 yang menjalani test ride kedua di Sirkuit Sentul Bogor. Foto: Istimewa

NaikMotor – Motor listrik garapan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 jalani test ride kedua di Sirkuit Internasional Sentul Bogor. Motor ini sudah mendapatkan penyesuaian di beberapa bagian sehingga performanya lebih meningkat.

Menurut Kepala pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, setelah menjalani test ride pertama pada awal Januari lalu, pihak UBL melakukan pengembangan pada beberapa bagian motor. Bagian-bagian yang mendapatkan perhatian khusus di antaranya, gear set, suspensi, ban, dan swing arm.

“Pengetesan pertama BL-SEVO1 mengalami kendala di bagian Kaki-kaki karena tidak cukup mumpuni menopang tenaga motor listrik yang cukup besar. BL-SEV01 kembali kami riset untuk disempurnakan selama dua bulan Lebih, khususnya di sektor Kaki-kaki,” kata Sujono.

BL-SEV01

Pengetesan kedua dilakukan pada 13 April lalu dengan menggandeng pembalap profesional Galih Aji Prakoso. Dalam kesempatan test ride tersebut, Galih memaksimalkan performa BL-SEV01 selama 10 putaran dan hasilnya jauh lebih memuaskan dari test ride pertama.

“Saya merasa lebih percaya diri karena motor listrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 meningkat drastis dan stabil, khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah. Baru pertama kali saya mencoba motor listrik sport di lintasan balap,” kata Galih, yang juga alumni dari UBL.

Setelah melewati 10 putaran tersebut, motor langsung masuk pit stop untuk dilakukan pengecekan kondisi dan performa baterai. Hasilnya, sportbike electrik ini tidak mengalami kendala apapun dan justru performa bisa meningkat dengan baik.

BL-SEV01

Menurut Sujono, penyesuaian pada bagian kaki-kaki sangat berpengaruh terhadap performa motor listrik ini. Bahkan top speednya pun meningkat dari yang semula hanya 100 km/jam kini meningkat menjadi 135 km/jam.

“Daya tahan, performa, serta kemampuan baterai yang ada sekarang sudah memenuhi standar minimal sebuah motor sport listrik yang mampu bertahan di lintasan balap. Selanjutnya kami berencana untuk meningkatkan baterai sehingga memiliki daya tahan yang lebih baik dan mampu melewati banyak putaran lagi di sirkuit,” pungkasnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*