E-Sportbike BL-SEV01 Jalani Uji Coba Perdana di Sirkuit Sentul

0
41
Uji Coba Perdana BL-SEV01
Uji Coba Perdana BL-SEV01 di Sirkuit Sentul. Foto: Universitas Budi Luhur

NaikMotor – Setelah diperkenalkan beberapa waktu lalu, akhirnya motor listrik Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) jalani uji coba perdananya. Uji coba perdana BL-SEV01 dilakukan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dalam pengujian perdananya, BL-SEV01 ditunggangi oleh pembalap muda, Galih Aji Prakoso. Galih Aji merupakan salah satu pembalap nasional yang sudah memenangi sejumlah kejuaraan seperti, Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race, Honda CBR Race Day, hingga Kawasaki Racing Academy Race.

Uji Coba Perdana BL-SEV01

Hasil uji coba perdananya, BL-SEV01 mampu berakselerasi dengan baik melewati 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter. Dalam kesempatan tersebut, motor listrik ini juga berhasil mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per jam.

Namun saat kembali dipacu kencang, BL-SEV01 mengalami kendala saat memasuki tikungan S kecil. Saat dianalisa, ternyata motor ini mengalami permasalahan pada bagian gear set. Komponen ini mengalami penurunan performa setelah dipacu beberapa lap di lintasan.

“Gigi pada gear set depan kalah habis karena pengujian yang maksimum di lintasan. Sementara untuk motor listrik dan baterainya tidak mengalami kendala apapun. Kami akan evaluasi lebih lanjut dan akan nantinya akan dilakukan uji coba kedua,” kata Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono.

Uji Coba Perdana BL-SEV01

Dalam kesempatan uji coba ini, hadir juga Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro. Dirinya mengaku senang dengan uji coba perdana BL-SEV01 di lintasan balap.

“Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kita akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap. Oleh karena itu nanti akan ada pengetesan kedua di Sirkuit Sentul dengan sepeda motor yang sudah dikembangkan lebih baik lagi,” ucap Hanggoro. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*