Motor Listrik BL-SEV01 Garapan UBL Bisa Melaju 160 Kilometer per Jam

0
76
Motor Listrik BL-SEV01
Motor Listrik BL-SEV01. Foto: UBL

NaikMotor – Universitas Budi Luhur (UBL) mengumumkan motor listrik bergaya sport garapannya yang bernama Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Siapa Sangka motor listrik BL-SEV01 ini mampu melaju dalam kecepatan hingga 160 kilometer per jam.

Dalam acara peluncuran BL-SEV01, Kamis (14/01/2020), Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan bahwa sportbike listrik ini setara dengan sepeda motor bermesin 250cc.

Motor Listrik BL-SEV01

“Jika disetarakan dengan motor konvensional saat ini, mungkin BL-SEV01 ini setara dengan motor bermesin 250cc. Memang belum pernah diuji jalan, tapi menurut pengujian menggunakan alat, kecepatannya bisa mencapai 130 sampai dengan 160 kilometer per jam,” kata Sujono.

BL-SEV01 menggunakan motor listrik BLDC 96 Volt yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 16 kW. Motor listrik ini ditenagai baterai lithium-ion berkapasitas 48Ah dengan controller 96 Volt 200 Ampere.

Dalam sekalian pengisian baterai, sportbike listrik ini bisa mencapai jarak maksimal 110 kilometer. Kemudian untuk pengisian baterainya dari kondisi kosong sampai penuh, hanya butuh waktu 4 jam.

Motor Listrik BL-SEV01

Jono sapaan akrab Sujono, mengatakan bahwa seluruh komponen yang digunakan dalam motor listrik ini hampir 80 persennya menggunakan produk lokal. Sisanya masih harus impor dari luar negeri.

“Hampir 80 persen pakai komponen lokal. Kalau baterai kan di Indonesia belum ada produsennya, jadi kita masih harus ambil dari luar,” ujarnya.

Sportbike listrik ini merupakan hasil kolaborasi dengan rumah modifikasi Katros dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Motor listrik ini dibuat dengan penyesuaian karakteristik dan kondisi medan di Indonesia. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*