Nyicipi Royal Enfield Meteor 350 di IIMS Hybrid, Cruiser Paling Ekonomis?

0
74
Review RE Meteor 350
Royal Enfield Meteor 350. Foto: Dicky Kurniawan

NaikMotor – Pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 menghadirkan sejumlah sepeda motor baru dari berbagai merek. Salah satunya adalah Royal Enfield Meteor 350. 

Meteor 350 merupakan retro classic merek Inggris yang dikuasai grup otomotif India yang baru diperkenalkan Royal Enfield Indonesia pada akhir Maret lalu. Meteor mengusung gaya cruiser ini cukup menarik perhatian karena menjadi satu-satunya produk Royal Enfield yang banderolnya di bawah Rp 100 juta.

NaikMotor berkesempatan menjajal Royal Enfield Meteor 350 di area test ride IIMS Hybrid. Meskipun terbatas pada lintasan test ride yang tidak terlalu luas, tapi kenikmatan berkendara menggunakan cruiser ini cukup memberikan impresi unik.

RE Meteor 350

Saat pertama dinaiki, posisi berkendaranya nyaman. Seperti cruiser pada umumnya, posisi footstepnya sedikit agak maju, jadi riding positionnya menjadi lebih santai. Kemudian setangnya juga lumayan lebar, untuk manuver yang joy ride.

Unit yang kami coba adalah varian Supernova alias varian tertinggi RE Meteor 350. Motor ini memiliki windshield dan sandaran belakang sebagai pembeda dengan varian Fireball dan Stellar, tampilannya pun elegan dengan dominasi hitam di bagian lower cart, dan stripping merah di pelek.

Urusan performa kami memang tidak bisa mendapatkan top speed dari motor ini karena memang treknya yang tidak terlalu besar. Namun tarikan awal motor ini cukup bertenaga, kemudian gigi satu dan gigi duanya juga punya nafas yang panjang.

RE Meteor 350

Meteor 350 mengusung mesin 349cc silinder tunggal lengkap dengan pendingin udara. Secara performa, mesin sanggup menghasilkan tenaga sebesar 20,2 daya kuda, dengan torsi 27 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini juga mampu menghasilkan suara deruman low-down khas motor cruiser.

Satu hal yang paling kami rasakan dari motor ini adalah posisi berkendaranya yang sangat nyaman. Mungkin karena ini motor touring juga, jadi kenyamanan berkendara sangat diutamakan. Suspensinya juga cukup empuk saat digunakan di jalanan yang bergelombang.

Kesimpulan dari review singkat ini, RE Meteor 350 sangat cocok bagi Anda yang ingin motor cruiser atau motor touring dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya menjual mesin yang bertenaga cukup, motor ini sangat mengedepankan posisi berkendara yang nyaman dan santai.

RE Meteor 350

Royal Enfield Meteor 350 hadir di Indonesia dalam tiga model, yakni Fireball, Stellar, dan Supernova. untuk model Fireball dilego seharga Rp 85.100.000, model Stellar dipasarkan dengan harga Rp 86.500.000, dan model Supernova menjadi yang paling mahal dengan banderol Rp 87.900.000. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*