Motor Listrik NIU RQi Siap Masuk Dapur Produksi, Intip Spesifikasinya

0
33
Motor Listrik NIU RQi
Motor Listrik NIU RQi. Foto: Rideapart

NaikMotor – Tahun lalu perusahaan motor listrik asal China, NIU, telah mengonfirmasi akan menghadirkan sepeda motor listrik berkinerja tinggi. Kini motor listrik yang diberi nama NIU RQi ini akan segera meluncur untuk pasar global.

Sebenarnya RQi ini dijadwalkan meluncur pada kuartal kedua 2020, hanya saja harus tertunda akibat pandemi Covid-19. Isu kehadiran ini motor listrik ini pun kembali mencuat di tahun ini dan dikabarkan akan meluncur dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan laporan media Amerika Serikat, Electrek, NIU akan mengadakan acara peluncuran untuk jajaran produk skuter listrik dan juga beberapa moped listrik. Dalam acara ini juga kemungkinan perusahaan akan memperkenalkan motor listrik RQi.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa motor listrik yang pada 2020 hanya menjadi sebuah konsep ini, di tahun 2021 akan segera memasuki dapur produksi. RQi akan segera tampil di lantai showroom pada paruh kedua tahun ini.

Motor Listrik NIU RQi

 

Dari segi tampilan, banyak yang bilang RQi ini mirip dengan motor listrik Husqvarna Vitpilen. Namun ternyata keduanya berbeda, di mana RQi memiliki gaya retro-modern yang terlihat pada kurva sampingnya, namun tampilannya tetap agresif.

Urusan dapur pacu, sepeda motor listrik ini dibekali motor listrik 30kW yang dipasang di tengah-tengah rangka. Secara performa, motor listrik mampu menghasilkan tenaga sebesar 40 daya kuda, dengan kecepatan tertinggi mencapai 161 km/jam.

NIU RQi ditenagai baterai ganda model swap berdaya 6,5 kWh. Dalam sekali pengisian daya, baterai ini mampu menempuh jarak hingga 130 kilometer.

Motor listrik ini juga sudah dibekali dengan teknologi terkini, seperti konektivitas 5G yang dapat mendukung fitur anti-pencurian, navigasi GPS, pembaruan OTA, dan masih banyak lagi. Selain itu panel instrumennya sudah menggunakan layar TFT yang terkoneksi dengan smartphone lewat sambungan Bluetooth.

Diperkirakan motor listrik NIU RQi akan mengawali debutnya di pasar China. Setelah beberapa bulan peluncuran, barulah motor ini akan diboyong ke seluruh pasar Asia dan Eropa, hingga terakhir masuk ke pasar Amerika Utara. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*