MotoGP Portugal 2021 Mulai Menggunakan Sinyal Bendera Digital

0
16
MotoGP Portugal 2021
Sinyal bendera digital. Foto: Speedweek

NaikMotor – MotoGP Portugal 2021 akan menjadi tempat pengujian perdana penggunaan sinyal bendera digital. Bendera digital ini akan memberikan tanda apabila terjadi situasi bahaya.

Dorna Sport akan menghadirkan 22 panel lampu dari EM Motosports untuk meningkatkan keselamatan para rider dalam lintasan balap. Sinyal lampu tersebut akan dibagi menjadi dua modelm yakni T1 dan T2, yang kan terpasang di beberapa bagian rute.

Untuk panel T1 akan memiliki ukuran yang lebih besar dan akan dipasang pada trek lurus cepat dan di zona keluar yang luas, sehingga rider bisa mendapatkan instruksi kapan saja dengan berbagai sinyal bendera. Sementara panel T2 punya ukuran lebih kecil dan terpasang di jalur course.

MotoGP Portugal 2021

Penggunaan sistem sinyal bendera digital ini sebenarnya sudah terlebih dahulu digunakan pada balap mobil Formula 1 sejak beberapa tahun lalu. Sistem ini pertama kali dihomologasi oleh FIA dan FIM.

Agar sistem bisa berfungsi secara maksimal, perlu adanya koneksi untuk manajemen balapan. Operator nantinya bisa dengan mudah menyesuaiakkn sinyal di trek dalam kondisi apapun, misalnya terjadi perubahan cuaca atau kecelakaan serius yang akan memunculkan bendera merah.

Nantinya dalam MotoGP Portugal 2021, jika sinyal diperlukan untuk bagian individu, marshal akan memberikan instruksi dari trek. Sebelum balapan, setiap pos di trek akan dibiasakan dengan sistem agar dapat memahami elemen kontol. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*