Modifikasi Ducati Paul Smart 1000 LE, Kapasitas Mesin Ikut Ditingkatkan

0
72
Modifikasi Ducati Paul Smart
Modifikasi Ducati Paul Smart 1000 LE garapan Analog Motorcycles. Foto: Rideapart

NaikMotor – Rumah modifikasi asal Amerika Serikat, Analog Motorcycles menghadirkan customisasi untuk motor limited edition Ducati Paul Smart 1000 LE.

Ducati Paul Smart 1000 LE merupakan motor bergaya cafe racer yang dirilis pada tahun 2006. Motor ini dihadirkan untuk memperingati kemenangan Paul Smart di kejuaraan Imola 200 pada tahun 1972. Menariknya, motor ini tidak banyak beredar di jalanan alias limited edition, hanya diproduksi 1.000 unit saja.

Kendati unitnya terbatas dan banyak konsumen yang memilikinya dijadikan untuk koleksi, namun Analog Motorcycles justru tertarik untuk memodifikasinya. Modifikasi Ducati Paul Smart 1000 LE dilakukan pada tampilannya dengan tidak meninggalkan karakter asli motor.

Modifikasi Ducati Paul Smart

Tony Prust selaku founder dari Analog Motorcycles memulai modifikasi motor ini dengan mengganti fairing dan buntut motor dengan yang baru. Bentuk buntutnya dibuat segaris dan punya lekukan yang mirip dengan tangki bawaannya. Tepat dibawah buntutnya, disematkan stoplamp Denali B6 dan lampu sein garapan mereka.

Bagian fascianya dibalut fairing yang terbilang masih mirip dengan bawaannya, hanya saja dibuat lebih minimalis dan ramping. Lampu utamanya menggunakan Denali M4 LED dan setangnya memakai model clip-on untuk tetap memberikan ciri khas cafe racer. Kemudian spionnya model bar-end CRG dan master rem lansiran Magura.

Prust memang tidak melakukan ubahan yang ekstrim terhadap tampilan motor ini. Menurutnya, ini merupakan motor yang langka, jadi ubahan yang dihadirkan tidak akan menghilangkan nilai limitednya, sehingga bisa kembali dijual dengan harga yang tidak jatuh.

Modifikasi Ducati Paul Smart

“Idenya adalah untuk membangun Paul Smart yang cukup disesuaikan sehingga penggemar Ducati akan melihatnya dan mengatakan ‘wow, itu luar biasa.’ Saya memiliki beberapa integritas ketika datang ke hal-hal yang langka dan lebih berharga, jadi saya merancang semuanya untuk dapat kembali ke stok jika diperlukan,” ujar Prust.

Dari sektor kaki-kaki, motor neo cafe racer ini masih dibekali suspensi milik Ohlins dan kaliper Brembo. Hanya saja ada sedikit penyesuaian. Kemudian pelek depan dan belakangnya sudah diganti menggunakan produk Alpina dan bannya memakai produk Metzeler Roadtec01, serta mengusung cakram EBC.

Ternyata modifikasi tidak berhenti pada bagian tampilannya saja, Prust bersama timnya juga melakukan upgrade pada bagian mesinnya. Motor ini semula memakai mesin 992 cc, namun sudah ditingkatkan menjadi 1.100 cc hasil kerja sama dengan The Duc Shop menggunakan big bore kit, Ducati performanec cam, dan slipper clutch Kbike. Bahkan mesin ini juga sudah dibekali dengan oil cooler NCR, Pramac slave cylinder, serta intake kit Corse Dynamic dengan filter K&N.

Desain knalpotnya juga sudah diganti dengan menggunakan exhaust system stainless steel custom dengan muffler lansiran Cone Engineering. Knalpot ini ditempatkan tepat di bawah buntut motor. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*