Jonathan Rea Jadi yang Paling Cepat di Katalunya, Alex Lowes ke-7

0
30
Jonathan Rea Katalunya
Jonathan Rea jadi yang tercepat di Tes Katalunya. Foto: Kawasaki

NaikMotor – Jonathan Rea dan Alex Lowes untuk pertama kalinya dalam persiapan menyambut WorldSBK musim 2021 melawan sebagian besar rival mereka di tes Katalunya. 

Sejak Rabu, 31 Maret 2021, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) terus berusaha untuk menyamankan dirinya dengan Ninja ZX-10RR baru. Pada hari kedua di Katalunya, Jonathan Rea menetapkan waktu lap terbaiknya, yaitu 1’40.264, lebih cepat dari saingat terdekatnya dan menggunakan ban soft, bukan ban Q.

Sementara itu, rekan setimnya, Alex Lowes sebelumnya sempat melewatkan beberapa tes karena cedera. Di tes kemarin, kecepatan dan kondisi fisiknya meningkat pesat pada hari terakhir dan mencatat waktu lap terbaik 1’41.195. Dengan menggunakan ban balap, Lowes berada di urutan ke-7 dari 20 pembalap reguler.

Ninja ZX-10RR sendiri memiliki fitur mesin, sasis, dan aerodinamis yang lebih maju dibandingkan model sebelumnya. Ninja ZX-10RR juga mempunyai putaran mesin lebih tinggi dan winglet depan terintegrasi dalam bodi baru, menghasilkan downforce ekstra yang signifikan pada kecepatan tinggi.

“Ini merupakan tes dua hari yang positif. Dalam beberapa pengujian kami sebelumnya, kami tertahan oleh cuaca dan ini adalah pertama kalinya kami berada di jalur yang benar dengan semua rival kami,” ujar Rea.

“Kami puas dengan semua hasilnya. Kami menguji banyak item pada motor dari sudut pandang sasis, sudut pandang mesin, dan elektronik. Ninja ZX-10RR baru mulai terasa sangat nyaman bagi saya.”

Jonathan Rea Katalunya
Jonathan Rea

“Pada hari terakhir kami mengerjakan set-up balapan kami dan saya melakukan simulasi balapan yang terhenti, tetapi saya sangat senang dengan kecepatannya, terutama di tengah hari, ketika kami mencoba mensimulasikan waktu balapan. Kami melakukan serangan waktu di bagian akhir dengan ban SCX dan saya bisa melaju dengan cukup cepat. Kami mengakhiri tes dengan positif dan kami menantikan Motorland Aragon dalam beberapa minggu mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, abang dari Sam Lowes ini menyatakan, “Tes ini sangat bagus untuk kami meskipun kemarin saya berjuang lebih dari yang saya harapkan dengan bahu saya. Trek ini mengalami banyak perubahan arah. Pada sore hari saya merasa tidak nyaman dengan motornya jadi kami memakai beberapa tali pengikat, tapi saya pikir itu membuat bahu lebih buruk, mungkin karena batasannya. Tapi, hari ini saya merasa baik. Kami finis sedikit lebih awal, jadi saya tidak bisa melakukan serangan waktu di penghujung hari, tetapi kecepatan saya pada ban balapan bagus. 1’41 rendah, saya senang dengan itu.”

Sam Lowes

“Saya mengerjakan semua daftar prioritas untuk tes ini dan berhasil menyelesaikan semuanya, itulah sebabnya kami menyelesaikannya sedikit lebih awal. Kami memiliki rencana bagus tentang apa yang perlu kami kerjakan dalam tes yang tersisa sebelum awal musim. Hari yang positif secara keseluruhan jadi saya menantikan untuk pergi dengannya sekarang,” lanjut Lowes. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*