Ganti Shockabsorber Bawaan Honda BeAT ke KYB Zeto, Berkendara Lebih Presisi

0
35
Review Shockabsorber KYB Zeto
Apakah kualitas shockabsorber KYB Zeto sebanding dengan harganya? Ini dia review-nya... Foto: Litha

NaikMotor – Penasaran dengan kualitas shockabsorber aftermarket yang beredar di pasaran, Tim NaikMotor memutuskan untuk mengganti shockabsorber bawaan di Honda BeAT 2013 dengan KYB Zeto dan membagikan hasil review. Yay or Nay, ya? 

Demi mengetahui kualitas shockabsorber aftermarket, Tim NaikMotor menggantikan shockabsorber bawaan Honda BeAT dengan KYB Zeto yang merupakan merk spare part di bawah naungan Astra Otoparts. Dengan harga jual bervariasi tergantung tipenya, tim NaikMotor menggunakan KYB Zeto ZT5060W yang dibanderol sekitar Rp 200 – 300an.

Shockabsorber tipe ZT5060W ini selain bisa digunakan Honda BeAT, juga bisa dipasang di skuter matik Honda Vario 125, bahkan Suzuki NexII. KYB pun menyediakan banyak pilihan warna, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin tampil beda, karena Motoris tinggal memilih warna kesukaannya saja. Variasi warna yang tersedia adalah merah, putih, biru, abu-abu, pink, dan kuning.

Review Shockabsorber KYB Zeto

Secara penampilan KYB Zeto ZT5060W ini memiliki desain yang menarik karena pilihan warnanya yang bermacam-macam. Setelah mengganti komponen tersebut di bengkel terdekat, Tim NaikMotor langsung mengetes keempukan shockabsorber KYB dengan mencari jalan yang banyak polisi tidurnya di sekitar rumah. Untuk kesan pertama, shockabsorber ini tidak terasa begitu keras dan kaku, padahal, biasanya shockabsorber baru masih terlalu keras bounce-nya.

Setelah beberapa hari, shockabsorber KYB Zeto ini terasa semakin empuk. Jika sebelumnya saat menikung tidak stabil karena shockabsorber-nya sudah tidak sebagus dulu, begitu diganti ke KYB Zeto, setang kini sudah terasa lebih presisi.

Begitu juga saat melewati jalan rusak secara tidak sengaja atau ketika menghantam polisi tidur yang tidak terantisipasi sebelumnya. Rebounce KYB Zeto cukup cepat sehingga motor terasa stabil dan nyaman meski menghantam lubang atau gundukan. Jadi cukup paslah buat pengguna harian dengan berat badan sekitar 70 kg.

Mekanik dari bengkel yang menangani penggantian shockabsorber tim NaikMotor sebelumnya juga berpendapat bahwa KYB Zeto ini memiliki kualitas yang baik dengan harga yang relatif terjangkau.

Kualitas KYB Zeto
Agustinus dari Bengkel Dairy Motor

“Pengalaman saya waktu pertama kali pakai KYB Zeto itu, redamannya lebih empuk, dan motor tuh gak goyang-goyang. Jadi lebih stabil di jalanan juga dan kalau pas lagi dapet jalanan yang rusak, bantingannya gak terlalu terasa. Jadi ya, bisa dikatakan istimewa lah, harganya murah meriah. Oke, lah,” ujar Agustinus dari Bengkel Dairy Motor yang berlokasi di Pondok Bambu, Jakarta Timur. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*