Begini Dasar Ber-Offroad Menurut Yamaha Riding Academy

0
Tips Berkendara Yamaha
Yamaha Riding Academy gelar Media Offroad School Experience dan bagikan tips berkendara. Foto: Yamaha

NaikMotor – Yamaha Riding Academy atau YRA membagikan tips mengenai cara berkendara di medan atau lintasan off road kepada awak media di Sirkuit Cargloss dan Perbukitan Hambalang, Bogor. 

YRA menyuguhkan program kegiatan Media Offroad School Experience yang digelar pada Rabu, 17 Maret 2021 untuk memberikan pengalaman berkendara di lintasan off road. Dalam aktivitas ini, instruktur profesional YRA menyampaikan beragam teori dan praktek dengan WR 155 R bagi media, agar peserta semakin menikmati momen saat menjajal jalur off road dengan motor yang dikategorikan sebagai motor sport adventure.

Teori termasuk keterampilan dasar yang disampaikan antara lain adalah cara tepat pengereman, berbelok, melewati jalan menanjak maupun menurun. Setelah itu, langsung dipraktekkan di Sirkuit Cargloss dan untuk menjelajah lintasan off road-nya dilakukan di Perbukitan Hambalang.

Media Offroad School Experience

Tim YRA juga memberikan tips, seperti cara berkendara saat menikung dan berdiri, melewati trek tanjakan dan turunan, saat akan naik sepeda motor, saat akan berhenti, dan saat akan turun dari motor. Begitu juga untuk menerabas, ada beberapa tips untuk menghadapi jalan berlumpur atau berlubang, jalan rusak atau berbatu, cara parkir di tempat yang tidak rata, juga bagaimana cara mengatasi situasi saat terjatuh dan mengatur motor kembali.

Berikut ini tips berkendara yang dipaparkan oleh Yamaha Riding Academy, khususnya dalam menghadapi beragam kondisi jalan seperti berlumpur, berlubang, jalan rusak, berbatu, dan cara parkir di tempat yang tidak rata:

  • Jalan Berlumpur / Lubang
  1. Pilih jalur yang lebih aman
  2. Perlahan saat masuk di lubang / lumpur
  3. Posisi kaki siap jika terjadi slip
  4. Hindari lakukan pengereman dan akselerasi secara tiba-tiba
  • Jalan Rusak / Berbatu
  1. Posisi permintaan berdiri (dengan sudah menguasai posisi riding off road)
  2. Tangan relax / hindari melawan pergerakan stang dengan keras
  3. Gunakan gear dan rpm yang tepat
  4. Hindari melakukan akselerasi yang tiba-tiba
  5. Hindari melakukan pengereman yang tiba-tiba
  • Tempat parkir di area tidak rata
  1. Gunakan roda gigi 1 saat parkir
  2. Hindari gigi dalam kondisi netral (mudah mundur / maju)
  3. Pegangan / stang tekuk penuh ke kiri
  4. Mesin dalam kondisi mati

“Saya dapat ilmu yang banyak tentang offroad dari program Yamaha Riding Academy ini. Teknik berkendara, insting dan nyalinya semakin tajam di trek offroad. Jadi lebih mantap, menyenangkan, dan paling penting keselamatan. Buat on road dan off road WR 155 R ini sangat cocok digunakan. Hobi terabasan juga makin asyik dengan motor ini,” ujar Cornelius Candra, salah satu jurnalis yang mengikuti program Media Offroad School Experience ini.

“Berbagai tips dari Yamaha Riding Academy (YRA) benar-benar digunakan dan bermanfaat saat berada di trek off road sirkuit Cargloss dan Hambalang. Jadi lebih cepat dari pada saat motor sport adventure, naik motor, berbelok, menanjak dan turunan serta cara badan saat melewati genangan udara, lumpur dan lubang. Tentunya bagi yang hobi terabasan harus menguasainya dengan baik,” ungkap Bimo Haryadi. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here