Ini Konsep e-Bike Adventure KTM Masa Depan, Tanpa Garpu Depan

0
67
KTM EX-C Freeride
Konsep KTM EX-C Freeride. Foto: Rideapart

NaikMotor – KTM menghadirkan konsep motor listrik adventure, KTM EX-C Freeride. Motor listrik ini hadir dengan tampilan ala motor masa depan.

Sebenarnya konsep motor ini sudah diperkenalkan pada tahun 2018, namun kini disempurnakan kembali oleh salah satu mahasiswa desain bernama Julien Lecreux. Bermodal konsep awal, motor ini disulap menjadi motor listrik yang memiliki desain futuristik.

KTM EX-C Freeride

Salah satu bagian yang mencirikan motor masa depan adalah windshield depan yang bisa menampilkan head-up display (HUD). Kemudian motor ini akan dilengkapi dengan dua buah swing arm pada bagian depan dan belakangnya.

Menurut Julien, motor ini akan dibekali dengan sistem baterai intuitif yang melengkapi bahan bakar onboard. Terdapat dua paket daya eksternal dan baterai tambahan yang terpasang di fairing bagian bawah, sejajar dengan tangki bensin. Paket baterai ini juga berfungsi untuk mengisi ruang kosong antara bagian depan motor dengan swing arm depan.

KTM EX-C Freeride

Penggunaan baterai cadangan dan baterai eksternal ini tentunya membuat bobot motor menjadi bertambah. Namun, baterai ini menganut model modular, sehingga dapat dilepas untuk mengurangi beban motor. Sistem modular juga diaplikasikan di sumber daya tenaganya.

Motor ini kedepannya diharapkan bisa menggunakan sistem baterai swap alias baterai yang bisa ditukar. Namun dalam penerapannya, KTM perlu melakukan riset mendalam demi mendapatkan fungsi motor yang optimal. Selain baterai, perusahaan mungkin akan mengalami kendala dalam menjelaskan cara kerja swing arm depan dengan kemudi.

KTM EX-C Freeride

Sebagai catatan, KTM EX-C Freeride baru sekadar konsep saja. Belum ada informasi apakah KTM berencana untuk memproduksi motor listrik ini atau tidak. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*