Begini 4 Cara Gampang Merawat Kampas Rem Motor

0
132
Cara Merawat Kampas Rem
Wahana Honda bagikan 4 cara mudah merawat kampas rem sepeda motor. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting, ada beberapa cara mudah untuk merawat kampas rem seperti yang dijabarkan Wahana Honda. Bagaimana langkahnya? 

Kampas rem adalah bagian yang berkaitan langsung dengan sistem pengereman dan memiliki fungsi untuk membantu menekan piringan cakram agar ban bisa berhenti berputar. Tanpa kampas rem, maka pengereman bisa memakan waktu yang lama hingga kendaraan berhenti.

Selain mengingatkan Motoris mengenai betapa pentingnya kampas rem, Wahana Honda juga membagikan beberapa tips untuk merawat kampas rem agar awet saat digunakan. Ini dia beberapa caranya:

  • Bersihkan Kampas Rem Secara Rutin

Kampas rem sebaiknya rajin dibersihkan dengan rutin, terlebih jika motor baru saja melintasi hujan atau jalanan dengan genangan air maupun lumpur. Kampas rem yang rawan kotor ini jika tidak dibersihkan bisa mengganggu efektivitas kinerja kendaraan.

Cara membersihkannya cukup dengan dibasuh menggunakan air bersih dan pastikan tidak ada pasir, debu, lumpur, atau kotoran lain yang masih menempel.

  • Pastikan Ada Jarak Antara Kampas Rem dengan Piringan Cakram

Hal ini bertujuan untuk menghindari gesekan antara dua komponen tersebut sebelum tuas rem digunakan. Jika jaraknya belum sempurna, Motoris dapat mengaturnya sendiri dengan memutar roda ban. Bila ada gesekan, artinya posisi masih kurang tepat dan bisa dibenahi untuk mendapatkan posisi sempurna.

  • Pastikan Bearing atau Laher Motor Selalu Terlumasi

Bearing, laher, ataupun yang biasa disebut bantalan memiliki tugas untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang ada di pelek. Dengan itu, perputaran roda akan jadi lebih stabil dan lebih nyaman digunakan di jalan raya. Untuk perawatannya, pastikan bearing selalu dalam kondisi terlumasi dengan baik agar maksimal untuk digunakan.

  • Hindari Melakukan Pengereman Mendadak

Berkendara dengan hati-hati juga bisa membantu merawat kampas rem. Pengereman mendadak selain berbahaya juga bisa membuat kampas rem lebih cepat aus dan mengurangi usia pakainya.

Itu tadi beberapa cara yang dapat digunakan untuk merawat kampas rem motor. Pastikan untuk melakukan check and recheck sebelum berkendara demi menghindari segala sesuatu yang tidak diinginkan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*