Yamaha YT115, Kombinasi RX-Special Bergaya Trail Jawara Tahun ’80-an

0
424
Yamaha YT115
Yamaha YT115. Foto: Instagram/tikuskebon_77

NaikMotor – Yamaha YT115 merupakan salah satu motor semi trail yang cukup populer di tahun 1980-an. Punya tampilan mirip RX-Special bergaya trail, motor ini dijuluki sebagai motor jawara pada masanya.

Secara tampilan, motor ini memang mirip dengan Yamaha RX-Special. Hanya saja, bagian suspensi dan sepatbornya memberikan perbedaan yang mencolok. Bagian fork depannya terlihat lebih panjang dengan fender tinggi khas motor trail.

Pada awal tahun 1980 sampai dengan 1990, motor-motor dual purpose memang sempat berada di puncak keemasannya. YT115 ini merajai jalanan bersama dengan beberapa produk lain, seperti Honda Win 100 A Semi Trail, Kawasaki KLX250S, hingga Suzuki TS 100 Series.

tikuskebon_77

YT115 merupakan jawara di masa keemasan tersebut karena motor ini memiliki mesin untuk kecepatan dan desain yang sangar. Motor garapan pabrikan berlogo garpu tala ini menggendong mesin 2 tak silinder tunggal berkapasitas 115cc. Mesin ini sama persis dengan yang digunakan pada RX-Special.

Penggunaan karburator Mikuni VM 22 SC dengan transmisi manual 5-percepatan tipe kopling basah, motor ini sanggup menghasilkan tenaga 15,5 hp pada 8.500rpm dan torsi 13,2 Nm pada 8.000rpm. YT115 juga sangat bertenaga untuk dipacu di kecepatan tinggi karena memang bobot motornya yang terbilang ringan, yakni hanya 95 kilogram.

Urusan fitur, nampaknya tidak ada yang bisa diharapkan dari motor tahun 80-an. Konsol depan motor ini hanya terdapat speedometer analog, odometer, indikator oli sampung, indikator sein, indikator gigi, dan indikator hi beam. Motor ini hanya bisa dinyalakan menggunakan kick starter, tapi sudah dibekali pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) dan kelistrikan 12V.

Dari sektor kaki-kaki, motor ini menggunakan roda berukuran 19 inci pada bagian depan dan 18 inci di bagian bagian belakang. Velgnya model jari-jari dan pengeremannya menggunakan tromol di depan dan belakang. Suspensi depannya berjenis teleskopik dan suspensi belakangnya menggunakan swing arm dengan double shockabsorber.

tikuskebon_77

Hadir sebagai motor trail, YT115 memiliki groundclearance yang cukup tinggi. Motor ini memiliki dimensi panjang 1.950mm, lebar 745mm, dan tinggi 1.035mm, sementara tinggi joknya 780mm. Secara spesifikasi memang motor ini sangat cocok untuk dipacu di trek off-road, terlebih performa motor ini cukup bertenaga.

Perjalanan YT115 terhenti di tahun 2004, dimana Yamaha telah menyuntik mati motor ini. Namun pabrikan masih memproduksi motor ini untuk pesanan kendaraan instansi pemerintah. Jadi tidak heran jika sekarang motor ini banyak yang dijual atau dilelang menggunakan pelat merah.

Meski sempat populer di tahun 80-an, motor ini ternyata kurang mendapatkan antusias yang lebih dari konsumen alias kurang laku. Makanya, untuk YT115 yang berada di tangan konsumen saat itu terbilang sangat sedikit.

Salah satu kolektor motor jadul di Jakarta, Kurnia Romdany, mengaku mendapatkan motor ini dengan harga yang cukup terjangkau. Dan benar, Kurnia mendapatkan motor ini masih menggunakan pelat merah.

“Saya beli motor ini tahun 2018 dengan harga sekitar Rp 5 jutaan. Saya beli ke orang yang dapat motor ini dari lelang. Ini pakai pelat merah, bekas motor dinas kementerian pertanian,” kata Kurnia saat dihubungi NaikMotor, Selasa (23/2/2021).

tikuskebon_77

Menurut Kurnia, motor ini punya desain yang menarik, mulai dari striping hingga modelnya yang semi trail. Kemudian mesin 2 tak yang disematkan pada motor ini juga terbilang cukup gahar untuk riding.

“Saya awalnya mau beli Kawasaki Joy, tapi setelah liat YT115 ini, saya jadi tertarik dan langsung beli. Motor ini memang bukan untuk dipakai harian, saya biasanya pakai untuk riding bareng teman-teman atau sunmori,” ucapnya.

Terkait perawatan dan ketersediaan sparepart, Kurnia mengatakan masih cukup mudah untuk merawat dan membeli sparepart motor ini. Karena memiliki basis mesin yang sama dengan RX-Special, jadi untuk sparepartnya masih bisa menggunakan milik RX-Special.

“Rawatnya gampang, yang penting oli samping terus terjaga. Kalau sparepart sekarang masih gampang dicari, bisa juga pakai punya RX-Special,” ujarnya.

Yamaha YT115

Meski Yamaha YT115 sudah tidak diproduksi lagi, tapi motor ini masih banyak dijual di e-commerce. Misalnya di OLX, YT115 dijual di daerah Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur dengan kisaran harga Rp 7,5 sampai dengan Rp 15 juta, tergantung dari kondisinya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*