Test Ride Honda Grom 125, Menikmati Sensasi Mini Bike 5-Speed

0
159
Test Ride Honda Grom 125
Test Ride Honda Grom 125 milik Hanif Irawan Safari Motor. Foto: Wawa

NaikMotor – Melihat penampakan langsung motor Honda Grom 125 yang dibawa masuk oleh Safari Motor dalam 30 unit dari Thailand, membuat kami terpana dengan penampilannya. Beruntungnya lagi kami dipersilakan untuk melakukan test ride Honda Grom 125 oleh pemilik pertamanya, Hanif Irawan.

Di antara tiga warna yang dimasukan oleh Safari Motor, biru yang menurut kami cukup menarik ketimbang hitam dan merah karena jarang ditemui. Soal gayanya yang lebih retro ketimbang MSX, Honda tampaknya menjaga tradisionalnya namun dipadukan untuk mengincar kalangan muda dan doyan tampil beda di era modern. Hal ini terlihat dari guratan bodi lebih membulat tidak lagi tajam termasuk desain joknya yang berkontur rata.

 

Ramcangan cover tangka dengan tiga titik model bulatan untuk baut berdiaemter besar membuat kami penasaran. Ternyata lubang itu dibuat biar pemilik bisa memasang cover lain dengan desain sendiri agar lebih mudah.  Oiya, tangkinya terlihat besar ya dengan kapasitas bensin 6 liter. Tidak heran apabila Hanif Irawan langsung memesan bodi kit Monster Motard versi Supermoto. Dengan konsep motor Mod it Yourself, AP Honda menawarkan tiga bodi kit plug and play yakni Adventure Master, Monster Motard dan Scrambler Rumbler bikinan H2C. Modalnya lagi adalah ban ukuran ring 12 keduanya dengan dimensi besar, yakni 120 ukuran depan dan 130 di belajang. Inilah satu hal kelebihan yang ditawarkan Grom untuk pasar modern secara global.

Selain bodi yang bisa dimodifikasi dengan gampang sesuka hati, keunggulan dari Grom 125 terletak pada lampu depan sudah LED serta panel instrument serba digital seperti indikator gear, bensin, putaran mesin. Uniknya, di bagian atasnya ada lampu yang disebut dengan shift light untuk memberikan signal harus melakukan perpindahan gigi.

Namun, keunggulan utama yang disematkannya adalah mesin baru PGM FI 125 cc yang dipadukan dengan transmisi 5-speed. Sebuah terobosan baru karena kebanyakan mini bike bermesin horizontal hanya 4-speed. Tampaknya memang mengejar performanya yang di atas kertas memiliki tenaga maksimum 9,6 HP pada 7,250 rpm serta torsi 10,5 Nm pada 5,500 rpm. Ini yang membuat kami penasaran melakukan test ride Honda Grom 125. Satu lagi yang baru di motor ini adalah menggunakan muffler slip-on.

Seperti halnya posisi berkendara mini bike, tidak sulit mengendalikannya cenderung mudah dan gampang karena posisi kaki leluasa. Kami melarikannya menembus kemacetan Ciledug yang saat itu lumayan padat dan bisa dengan gesit melewati kendaraan lain didukung oleh tenaga responsif di awal. Koplingnya lebih enteng dan perpindahan gigi juga lebih mudah. Melewati polisi tidur redaman suspensinya terasa empuk dan mantap. Rem meski yang dibawa masuk bukan versi ABS dengan G-Sensor, namun masih mumpuni bisa diandalkan.

Tarikannya baru terasa ketika mendapat jalanan yang mulus dan lebar sehingga mampu menikmati setiap putaran mesinnya dan diingatkan kedip lampu di panel instrumen.Menyentuh 95 km/jam untuk motor 125cc dengan 5-speed terasa enteng dan tetap stabil. Lebih jelasnya bisa dilihat di tayangan youtube kami.

Lebih mencengangkan lagi, dalam waktu cuma empat hari kedatangannya, Grom 125 sudah ludes diambil penggemarnya di Indonesia. Padahal dari harga yang dijual Rp 93 juta bukan nominal yang murah untuk sebuah motor mini. Tapi, kembali lagi, motor kini sudah menjadi ikon ekspresi diri sekaligus investasi dengan cara mengoleksi. Apakah mau repeat order lagi Safari Motor? Oh, ternyata masih punya mainan baru lagi.. Tunggu saja. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*