Begini Cara Kerja HSTC di All New Honda PCX 160, Fungsinya Vital!

0
77
Honda Selectable Torque Control
Logo HSTC di All New Honda PCX 160. Foto: AHM

NaikMotor – All New Honda PCX 160 hadir dengan satu teknologi canggih yang tidak ada di versi lawasnya, yakni HSTC atau Honda Selectable Torque Control. Teknologi ini punya fungsi yang cukup vital bagi motor, berikut cara kerjanya.

Honda Selectable Torque Control adalah sistem pengendali engine torque untuk menjaga stabilitas kendaraan. Teknologi ini berfungsi mengurangi potensi selip pada ban belakang saat motor berjalan di lintasan basah atau licin.

Cara kerjanya, saat mesin motor dinyalakan, wheel speed sensor yang ada di ban depan dan ban belakang akan mendeteksi kecepatan roda. Kemudian sensor tersebut akan dikirimkan ECM dan ECM akan mendeteksi perbedaan kecepatan rotasi roda depan dan belakang.

Setelah terdeteksi adanya perbedaan putaran roda, ECM akan mentriger untuk memulai traction control dan mulai menghitung target torque. Setelah itu, ECM akan mengurangi volume injeksi bahan bakar torque target.

“Saat volume bahan bakar dikurangi, ini akan membuat daya torsinya menurun. Jadi motor tidak akan selip saat putaran roda depan dan belakang berbeda,” ujar tim Technical Service Advisor PT Astra Honda Motor.

Honda Selectable Torque Control

Jika memang motor mengalami traksi, nantinya HSTC ini akan mendeteksi dan mengirimkan sinyal ke indikator yang ada di panel instrumen. Lampu indikator akan kembali mati jika memang motor sudah tidak mengalami traksi.

“Kalau terjadi traksi, lampu indikator akan menyala. Jadi pengendara tidak perlu khawatir jika indikator ini berkedip. Itu artinya fitur HSTC ini berfungsi dengan baik,” katanya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*