Bantah Rumors, Suzuki Hayabusa 2021 Tanpa Turbocharger

0
36
Suzuki Hayabusa 2022
Suzuki Hayabusa 2022 punya banyak pembaruan menarik, namun tidak adopsi turbocharger. Foto: Canada Moto Guide

NaikMotor – Suzuki Hayabusa 2021 miliki banyak pembaharuan. Namun meskipun memiliki beragam update, tenaga Hayabusa malah tidak meningkat. 

Suzuki Hayabusa terbaru dilengkapi dengan banyak fitur seperti Suzuki Intelligent Ride System, cruise control, kontrol traksi, cornering ABS, paket elektronik yang komprehensif, serta sistem pembatas kecepatan aktif (Active Speed Limiter).

“Sistem yang sangat praktis ini memungkinkan pengendara untuk mengatur batas kecepatan yang tidak akan dilampaui oleh motor, menghilangkan kekhawatiran tentang ngebut atau mengemudi lebih cepat dari yang dimaksudkan. Pengendara dapat berakselerasi dengan bebas hingga kecepatan itu dan mengurangi kecepatan secara normal dengan memundurkan throttle,” jelas Suzuki seperti yang dilansir dari laman Canada Moto  Guide.

 

Meski mengantongi tiga pilihan mode tenaga mesin yang berbeda, enam mode berkendara, dan fitur layar TFT yang menampilkan beragam informasi, tenaga Hayabusa baru rupanya tidak jauh berbeda dari yang lama. Suzuki juga tidak menerapkan teknologi turbocharger baru dan gearbox semi-otomatis seperti rumor yang beredar selama ini.

Dengan mesin 1.340 cc dengan bore dan stroke, serta kompresi yang sama, tenaga puncak dan torsi maksimum Suzuki Hayabusa 2022 malah turun dibanding yang sebelumnya. Power-nya turun dari 194 hp ke 187 hp, dan torsinya dari 114 turun ke 110. Diperkirakan hal itu karena harus menyesuaikan dengan standar emisi Euro5.

Meski mesinnya hampir sama, tetapi Suzuki menyiapkan hadiah lain lewat beberapa perubahan kecil, seperti sistem oli yang lebih baik, kopling baru, gearbox yang di-update, knalpot baru, dan lainnya. Sementara itu, untuk harganya, Hayabusa 2021 akan dibanderol sekitar Rp 313,7 jutaan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*