Perawatan Ban Motor di Rumah Bisa Dilakukan dengan 3 Cara Gampang

0
82
Perawatan Ban Motor
Ada 3 cara mudah merawat ban motor di rumah menurut IRC. Foto: IRC

NaikMotor – Bukan hanya mesin atau bagian internalnya, tapi ban sepeda motor rupanya juga harus diberi perawatan, lho! Ini dia tiga cara simple untuk merawat ban menurut IRC… 

Saat ini, mungkin sepeda motor Motoris jarang digunakan karena Work From Home (WFH) atau aspek lainnya, tetapi, saat motor menanggur, ban motor tetap bekerja, lho. Walau tidak dibawa berkendara, ban motor tetap menopang beban kendaraan sehingga ban pun harus dirawat dengan baik.

Ada tiga cara perawatan ban sepeda motor yang dibisikkan oleh Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development dari PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban IRC dan Zeneos. Setelah motor dicuci dan dilap hingga kering, parkirkan sang kuda besi di tempat yang teduh dan aman, lalu terapkan cara ini:

  1. Gunakan standar ganda atau standar tengah jika ada, sehingga hanya ban depan saja yang menopang beban. Bisa juga menggunakan stand jack jika ada.
  2. Apabila tidak ada standar tengah atau stand jack, beri alas kayu atau kardus tebal di bagian bidang ban yang masih bersentuhan dengan lantai
  3. Jika memungkinkan, ban dirotasi bidang yang bersentuhan dengan lantai

Nah, itu dia tiga cara yang sederhana namun bisa membantu “kesehatan” ban motor. Dodiyanto juga menambahkan bahwa sebaiknya diusahakan untuk memberikan tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan, ya! (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*