IRC: Waspada 3 Jenis Slip Saat Musim Hujan

0
108
3 Jenis Slip
Ada tiga jenis slip yang harus diwaspadai saat berkendara di musim hujan.

NaikMotor – Salah satu merk ban asal Tanah Air yang sudah tidak perlu diragukan kualitasnya, IRC, menginformasikan bagi para Motoris bahwa ada 3 jenis slip ketika di musim hujan. 

Berkendara di tengah musim penghujan harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Jalanan yang basah dan licin bisa membuat kendaraan jadi lebih gampang mengalami slip. Rupanya, menurut IRC, ada 3 jenis slip yang paling umum terjadi. Apa saja ya?

Yang pertama, ada Braking Skid. Kondisi ini biasa disebut dengan rem panik karena terjadinya slip oleh rem mendadak, sehingga ban secara tiba-tiba berhenti berputar.

Kedua, Power Skid. Slip ini terjadi karena permukaan jalan yang basah dan berpasir, sehingga membuat ban tidak bisa bertraksi dengan baik.

Ketiga, Cornering Skid. IRC menyarankan untuk menghindari melakukan manuver belok yang terlalu rendah. Hal itu bisa menyebabkan slip karena ban tidak menapak dengan sempurna.

Itu tadi beberapa jenis slip yang umum terjadi pada saat mengendarai kendaraan beroda dua. Jangan lupa untuk terus berhati-hati saat berkendara, ya! (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*