Paten Bocor! Kawasaki Sedang Kembangkan Teknologi Transmisi Pintar

0
45
Paten Transmisi Semi Otomatis
Paten Transmisi Semi Otomatis Kawasaki. Foto: Visordown

NaikMotor – Kawasaki diketahui sedang menggarap sebuah teknologi baru untuk produk motor terbarunya, yakni transmisi semi otomatis. Paten transmisi semi otomatis terbaru Kawasaki ini pun bocor di internet.

Sebenarnya Kawasaki bukanlah yang pertama dalam urusan transmisi semi otomatis ini. Pada tahun 2020, Honda sudah terlebih dahulu mematenkan transmisi semi otomatis miliknya untuk menggantikan teknologi Dual Clutch Transmission (DCT).

Paten Transmisi Semi Otomatis

Transmisi DCT ini terbilang sudah cukup canggih karena pengendara sudah tidak perlu lagi mengoperasikan kopling saat berganti rasio gir. Namun kecanggihan tersebut ternyata kurang diminati konsumen.

Oleh sebab itu, untuk memberikan solusi bagi konsumen yang masih ingin menggunakan kaki saat mengoper gigi, Kawasaki membuat paten transmisi semi otomatis.

Nantinya sistem transmisi otomatis milik Kawasaki ini akan dibuat full elektronik. Tuas kopling akan dihubungkan ke sistem komputer, sehingga untuk mengganti gigi dapat dilakukan secara elektronik.

Paten Transmisi Semi Otomatis

Pengendara tidak hanya bisa mengganti gigi dengan sistem shift-by-wire, namun pergantian gigi juga dapat dilakukan menggunakan kaki layaknya sepeda motor konvensional.

Meski terdengar rumit, namun siapa sangka teknologi ini bisa membuat desain motor menjadi lebih simple. Dengan teknologi ini, ruang gearbox menjadi lebih kecil dan desain motor bisa lebih luwes lagi. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*