Ini Cara Kerja Dual Clutch Transmission Honda X-ADV

0
162
Dual Clutch Transmission Honda X-ADV
Honda X-ADV dilengkapi DCT,m 6 percepatan, dan 3 mode berkendara. Foto: Afid

NaikMotor – Setelah diluncurkan di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, skuter adventure Honda itu diperkenalkan penggerak canggihnya. Dual Clutch Transmission Honda X-ADV menjadi fitur kemudahan berkendaranya.

Dual Clutch Transmission Honda X-ADV atau DCT memiliki cara kerja mirip pada model sebelumnya, yang paling gres pada NM4 Vultus. X-ADV menggunakan transmisi yang sama untuk mendistribusikan daya mesin 750 cc 2 silinder-nya. DCT 6 percepatan itu diterapkan juga pada model NC750.

Kelebihan sistem transmisi DCT dengan transmisi lainnya, pada sistem tidak ada tuas kopling, meski menggunakan dua buah kopling multiplat. Tetapi pergeseran gir diatur oleh komputer secara otomatis. Sistem dioperasikan seperti transmisi otomatis konvensional dengan menekan tombol D(rive).

DCT pada X-ADV terdiri 3 rangkaian komponen utama: rangkaian dua kopling multiplat, rangkaian gir transmisi 6 percepatan dan countershaft dengan dua gir yang terhubung dengan penggerak roda (rantai). DCT mengandalkan motor solenoid untuk mengaktifkan kopling. Salah satu kopling bertugas menyalurkan torsi mesin ke rangkaian gir ganjil, gigi 1, 5 dan 3.

Kopling lainnya mengatur gigi genap 4, 6 dan 2. Sementara countershaft pun demikian salah satunya menyalurkan torsi dari gir ganjil sebaliknya countershaft lainnya mengurusi gir genap. Peran tuas penyalur torsi kopling gir ganjil berada dalam tuas gir genap yang berupa pipa.

Saat pengendara menekan tombol D yang terletak pada batang kemudi sebelah kanan, maka saat itu countershaft gigi ganjil akan terhubung dengan dengan gir rasio 1 dan countershaft lainnya gir 2, dan tinggal peran motor pengaktif koplinglah yang bekerja, pastinya akan mengaktifkan kopling ganjil terlebih dahulu ketika pengendara mulai memutar gas.

Ketika kecepatan dan putaran mesin telah mencapai torsi puncak, maka saat itu kopling genaplah yang mulai menyalurkan daya ke gir 2. Sementara countershaft gir ganjil telah siap dan terhubung dengan gir 3. Demikian seterusnya. Saat penurunan kecepatan proses terjadi sebaliknya untuk downshift. Sehingga perpindahan gir nyaris tak ada jeda, bagi pengendara tentunya sebuah kenyamanan lebih.

Untuk menonaktifkan perseneling, pengendara tinggal menekan tombol ke arah kanan, N(etral). Sebenarnya X-ADV menyediakan pula mode pengendaraan Sport  3 level, dengan cara menekan tombol perseling tadi ke arah kiri. Mode yang akan mengatur perpindahan gir lebih responsif, menjelang torsi puncak, “Saat itu bahan bakar diinjeksikan lebih banyak dan pengapian lebih maju, labih lebih sporty,” papar Endro Sutarno, Technical Training Dept PT Astra Honda Motor (AHM), (3/5/2019) saat bedah fitur X-ADV di Telkomsel IIMS 2019.

Sementara untuk pengendaraan manual, pada batang kemudi sebelah kiri depan terdapat tombol (+) untuk upshift, dan tombol (-) untuk downshift. Tetapi saat mulai bergerak pengendara meski menekan tombol S atau D terlebih dahulu. (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*